Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Bencana, 1 Juta Wisman Batal Datang ke Indonesia

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, ada sekitar satu juta wisman yang membatalkan berlibur di negeri ini. Pembatalan liburan di akhir tahun salah satunya karena bencana tsunami di Selat Sunda.

"Bencana mempengaruhi. Ada tiga bencana besar dan impact-nya ada satu juta wisman batal datang ke Indonesia," ujar Arief, di Semarang, Jumat (4/1/2019).

Menteri asal Banyuwangi ini merinci tiga bencana besar itu yakni gempa di Lombok, gempa dan tsunami di Palu, dan tsunami di Selat Sunda di penghujung tahun 2018.

Meski terjadi bencana, menurut Menpar, selama libur natal dan tahun baru, jumlah kunjungan wisatawan masih tumbuh. Namun pertumbuhan hanya sekitar 5 persen.

"Di Palu, meski bukan destinasi utama tapi orang luar tidak tahu, tahunya di Indonesia ada gempa dan tsunami. Lalu pada gempa Lombok, wisman turun drastis dan banyak yang membatalkan” katanya.

Arief memaparkan, turunnya kunjungan wisman salah satunya disumbang dari China. Negeri tirai bambu itu sebelumnya selalu menempati urutan pertama yang berwisata di Indonesia.

Hal berbeda dialami warga Australia. Mereka tetap ke Indonesia meski bencana kerap melanda Indonesia.

Menurut Arief, penurunan kunjungan wisatawan asal Australia tidak sebanyak China, dan hanya sekitar 10-12 persen saja. "Orang Australia merasa mengunjungi Bali seperti pulang kampung,” katanya.

https://travel.kompas.com/read/2019/01/05/150100827/ada-bencana-1-juta-wisman-batal-datang-ke-indonesia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke