Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mampir di Gresik? Jangan Lupa Cicipi Kelan Sembilang

Namun jangan keburu berprasangka buruk dulu, lantaran bila diolah dengan tepat plus digabung rempah-rempah pilihan, ikan sembilang bisa menjadi masakan yang cukup ampuh dalam menaklukkan lidah.

Tidak percaya? Bisa dibuktikan sendiri bila anda sedang berkunjung ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Khususnya di wilayah pesisir Gresik bagian utara, di sepanjang jalur daendels akan banyak ditemui warung makan dan juga restoran yang menyajikan masakan utama berupa olahan ikan sembilang.

Sepintas memang terlihat tidak jauh berbeda dengan asam-asam atau gulai. Namun dari nama, masakan ini jelas mengutamakan ikan sembilang sebagai bahan atau lauknya.

Salah satu warung kelan sembilang yang terkenal di Gresik dan biasa menjadi rujukan adalah, milik Kasan.

Di warung sembilang Pak Kasan, yang berada di wilayah Mengare, Kecamatan Manyar, atau sekitar 10 kilometer arah pusat kota Gresik, memang hanya menyediakan kelan sembilang sebagai menu yang ditawarkan kepada pengunjung.

“Memang hanya kelan sembilang saja yang dijual di sini, tidak ada menu makanan lain,” ujar Kasan, Rabu (9/1/2019).

“Justru itu yang membuat masakan di sini khas dan berbeda. Selain karena hanya menawarkan kelan sembilang sebagai menu, rasa masakan terasa sedikit berbeda ketimbang warung lain yang menjual masakan dengan konsep serupa di Gresik,” tutur salah seorang pengunjung, Azharil Farih.

Selain rasa khas kelan sembilang, nuansa alam yang ditawarkan di warung sembilang Pak Kasan juga semakin membuat pengunjung merasa betah. Mereka juga mengaku, ingin kembali mencicipi kelan sembilang di warung tersebut.

Warung sembilang Pak Kasan sendiri memang tidak berada di pinggir jalan raya yang ada di jalur daendels. Namun masuk sekitar 3 kilometer dari gapura Desa Karangrejo, Kecamatan Manyar, Gresik.

Meski demikian, bagi anda yang baru pertama dan ingin mencoba berkunjung, jangan khawatir. Sebab warga yang ada di sekitar Manyar dan juga Bungah, sudah banyak yang mengetahui keberadaan warung tersebut bila anda bertanya.

Untuk bisa menikmati kelan sembilang di warung Pak Kasan, pengunjung hanya dipatok seharga Rp 20.000 untuk satu porsi

Menurut pengakuan pemilik warung, berbagai kalangan sudah sempat mampir dan mencicipi kelan sembilang di warungnya. Mulai dari pejabat daerah, pegawai negeri sipil, orang biasa, bahkan beberapa turis mancanegara yang sedang berkunjung dan singgah di Gresik. Bagaimana berminat untuk mencoba?

https://travel.kompas.com/read/2019/01/11/190300527/mampir-di-gresik-jangan-lupa-cicipi-kelan-sembilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke