Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Paskah, Pantai di Gunungkidul Dipadati Pengunjung

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, libur pemilu dan Paskah lokasi wisata beretribusi di Gunungkidul dikunjungi sebanyak 58.282 orang.

Angka ini jauh melebihi target yang ditentukan oleh dinas yakni 24.000 wisatawan. Banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung tersebut Pemkab Gunungkidul mendapatkan pendapatan sebanyak Rp 439.694.800.

Dengan kunjungan ini, Dinas Pariwisata Gunungkidul bisa memenuhi target pendapatan dari sektor pariwisata tahun 2019 sebesar Rp 28 miliar atau 3,7 juta kunjungan, dan saat ini sudah mencapai Rp 5 miliar atau 17,3 persen dari target.

"Jauh melebihi target yang ditentukan saat libur Paskah," katanya melalui sambungan telepon, Senin (22/4/2019).

Menurut Harry, libur panjang sejak pemilu 17 April dilanjutkan tanggal 19 April meningkatkan kunjungan wisatawan utamanya di kawasan pantai. Harapannya, dengan peningkatan kunjungan ini bisa mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke kawasan pantai Gunungkidul.

Hal ini lantaran beberapa waktu lalu kawasan pantai sempat mengalami penurunan wisatawan akibat gelombang tinggi. "Saya berharap sektor wisata di Kabupaten Gunungkidul dapat tumbuh lagi setelah tahun lalu kawasan pantai selatan diterjang gelombang tinggi," ucapnya.

Salah satu pengelola penyewaan alat snorkeling di Pantai Nglambor, Yusuf Aditya mengakui adanya peningkatan sekitar 50 persen dibanding libur biasa. Namun demikian, pihaknya berharap pemkab memiliki inovasi untuk menarik kunjungan wisatawan.

"Tren wisata di Gunungkidul itu karena mengandalkan wisata alam, perlu inovasi dari dinas. Tidak hanya dari pengelola wisata saja. Sehingga kunjungan wisatawan meningkat," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/23/141000527/libur-paskah-pantai-di-gunungkidul-dipadati-pengunjung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke