Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Hemat Liburan ke Washington DC

Bahkan, seringnya budget saya habis hanya buat makan dan ngopi di kafe.

Ada beberapa cara untuk enjoying Washington DC in a budget, berikut diantaranya:

1. Datang Pagi untuk Dapat Free Pass di US Capitol dan White House

Sebagai pusat pemerintahan Amerika Serikat, tempat wisata utama di Washington DC nggak jauh-jauh dari tempat para politisi dan negarawan AS berkarya.

White House dan US Capitol selalu banjir oleh pengunjung setiap harinya. Anak-anak sekolah yang lagi school trip, turis domestik dan internasional selalu terlihat berkerumum di area tempat tinggal Presiden Donald Trump dan kantor Kongres.

Turis diperbolehkan untuk masuk dan ikut tur keliling White House dan US Capitol. Free, gak perlu bayar tiket sama sekali.

Karena jumlah pass yang dikeluarkan per hari terbatas, sebaiknya datang pagi-pagi banget, mulai jam 08.30.

Selain keliling US Capitol, visitor juga boleh lho melihat ruang kerja senat. Caranya sama. Perlu ambil gallery passes di house and senate appointment desk.

Jangan malas bangun pagi selama liburan ke Washington DC demi dapat free pass ke tempat penting ini.

Sementara itu, kalau mau masuk dan keliling White House kita mesti hubungi Kedutaan Besar RI di Washington DC agar dibantu daftar free tour keliling White House.

Sayangnya, pengumuman di website kedutaan menyebutkan kalau mereka nggak bisa bantu WNI yang mau keliling White House karena sibuk.

2. Keliling 14 Museum Gratis

Ada banyak museum menarik di Washington DC yang sayang banget kalau sampai dilewatkan. Tak seperti di kota-kota AS lainnya, hampir semua museum di Washington DC gratis!

Meski gratis, beberapa museum memerlukan day pass yang mesti diambil pada pagi hari di hari yang sama sebelum waktu kunjungan, misalnya African American History and Culture Museum dan US Bureau of Engraving & Printing (tempat percetakan uang dollar).

Karena jumlah pass-nya terbatas jadi mesti datang pagi-pagi beneran guys.

Jangan datang siang karena saya sudah pernah datang siang buat ngambil pass dan dikasih tahu petugasnya kalau free pass hari itu sudah habis. Kalau masih mau visit museumnya mesti antre lagi besok paginya.

Siapkan waktu yang cukup untuk menjelajah museum-museum ini. Kalau perlu kasih waktu 1 hari penuh khusus untuk mengunjungi museum. Pengalaman saya waktu visit ke US Holocaust Memorial Museum saya habiskan 3 jam di sana saking keren dan informatif museumnya.

3. Manfaatkan Circulator Bus

Kebanyakan tempat wisata di Washington DC bisa dicapai dengan jalan kaki, karena lokasinya di pusat kota dan dekat satu sama lain, paling dipisahkan taman yang luas saja, he-he...

Kecuali kalau mau ke historic area Georgetown dan kawasan lainnya seperti Dupont Circle yang agak jauh maka perlu naik transportasi.

Washington DC memiliki sistem transportasi yang rapi dan lengkap. Bikin hidup turis yang liburan ke Washington DC jadi mudah. Tinggal naik metro atau bus saja.

Tapi kalau mau berhemat, coba manfaatkan Circulator Bus yang akan membawa penumpang ke berbagai tempat wisata di DC secara cuma-cuma.

Saya agak kaget juga pas tahu kalau bus ini free, secara pas lagi riset nemu info di blog kalau tiket Circulator Bus 1 dollar AS sekali naik.

Sampai kapan Circulator Bus digratiskan, saya juga belum tahu. Mesti rajin ngecek websitenya untuk info ter-update.

Circulator bus memiliki beberapa jalur yaitu blue, yellow, purple, green, orange, dan red.

Sering-sering juga untuk cek jadwal dan posisi bus secara live di website resmi Circulator Bus, karena rute mereka nggak muncul di google maps. Berkali-kali saya coba yang muncul di google maps cuma bus kota biasa.

Selain Circulator Bus, ada juga pilihan transportasi hemat lainnya, yaitu dengan bikesharing. Dengan 8 dollar AS, kamu bisa jalan-jalan ke Washington DC sambil ngebakar kalori selama 24 jam.

Sepeda yang udah dipakai tinggal dikembalikan ke salah satu bike station yang tersebar di banyak titik di Washington DC.

4. Beli Makanan di Minimarket

Beberapa apotek di Washington DC seperti CVS dan Walgreens juga menjual makanan seperti sushi dan sandwich.

Atau sepotong sandwich di Subway cuma 5 dolar AS-an juga. Bandingkan dengan biaya sekali makan di resto yang mencapai 20 hingga 25 dollar AS. (DADA SABRA SATHILLA)

https://travel.kompas.com/read/2019/04/28/082100527/tips-hemat-liburan-ke-washington-dc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke