Salin Artikel

Ide Ngabuburit: Menikmati Sore di Candi Plaosan Lor, Klaten

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk ngabuburit, seperti mengikui kajian di masjid-masjid, berbelanja makanan untuk buka puasa, olahraga, hingga menyaksikan keindahan sore.

Bagi masyarakat Klaten khususnya sekitar Prambanan ada satu aktivitas ngabuburit yang bisa dilakukan. Aktivitas tersebut adalah menikmati keindahan sore di Candi Plaosan Lor.

Lokasi Candi Plaosan Lor tepatnya berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi Plaosan Lor berada sekitar 1,5 kilometer di sebelah timur Candi Prambanan.

Sunset di Candi Plaosan Lor

Meski tidak berada di tempat yang tinggi seperti Candi Ijo, keindahan matahari terbenam di sore hari tetap bisa disaksikan dari Candi Plaosan Lor. Tentu keindahan itu hanya bisa disaksikan ketika cuaca cerah.

Pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari dalam kompleks Candi Plaosan Lor atau dari luar. Pesona matahari terbenam dari dalam maupun luar kompleks candi sama-sama tampak indah.

Candi Plaosan Lor menghadap ke arah barat. Hal itu juga menjadikan matahari sore sebagai cahaya alami yang membuat bangunan candi semakin menawan. Pengunjung biasanya berfoto dengan latar belakang candi yang bermandikan cahaya matahari sore.

Setelah momen sunset, biasanya Candi Plaosan Lor akan tutup. Petugas keamanan akan berkeliling dan meminta pengunjung untuk keluar meninggalkan kompleks candi.

Sunset dari Timur Candi Plaosan Lor

Keindahan matahari terbenam ternyata juga bisa disaksikan dari luar kompleks Candi Plaosan Lor. Jika hendak menikmati keindahan sunset, maka sisi timur candi merupakan spot yang bagus.

Masyarakat setempat telah menghias jalan desa agar pas untuk digunakan berfoto. Beberapa ornamen juga ditambahkan dengan latar belakang barisan Candi Plaosan Lor yang menjadikannya sebagai spot foto favorit.

Pengunjung juga bisa berfoto di tengah hamparan sawah dengan latar belakang arsitektur candi. Saat momen matahari terbenam, latar belakang akan semakin terlihat menawan.

Masyarakat setempat juga telah membangun pusat kuliner. Jika sudah terdengar adzan maghrib, pengunjung bisa membatalkan puasa di sana. Selain itu, tersedia pula mushala dan masjid yang tidak jauh dari Candi Plaosan Lor untuk menunaikan ibadah shalat maghrib.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/08/092000727/ide-ngabuburit--menikmati-sore-di-candi-plaosan-lor-klaten

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.