Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Pilihan Destinasi Keren untuk Liburan Mudik di Tangerang

Namun, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan destinasi menarik tidak hanya itu. Khususnya, di daerah Tangerang, banyak juga yang menarik dan bisa dikunjungi pada libur lebaran mendatang.

"Jangan dikira tempat wisata di Banten yang bagus hanya di Tanjung Lesung. Masih banyak destinasi indah di daerah lainnya. Salah satunya ya di Tangerang ini selain pemandangan alamnya yang luar biasa, juga sangat cocok untuk liburan keluarga," ujar Menpar Arief Yahya melalui keterangan rilis, Sabtu (11/5/2019)

Menpar Arief Yahya juga mengingatkan agar semua pihak menjaga destinasi budaya dan alam di mana pun.

“Semakin meningkatnya pariwisata di satu daerah, maka akan meningkatkan kunjungan wisata. Karena itu, akan memberikan dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Termasuk juga di Tangerang,” ujarnya.

Berikut ini ada 10 pilihan destinasi wisata Tangerang yang bisa dinikmati di masa #PesonaMudik2019.

Scientia Square Park

Terletak di Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang, destinasi wisata Scientia Square Park memiliki konsep taman terbuka. 

Tempat wisata ini menawarkan banyak spot maupun aktivitas menarik seperti memberi makan ikan koi, jogging, dan wall climbing (panjat dinding).

Selain itu, pengunjung bisa pula mengajak si kecil untuk berinteraksi langsung dengan kupu-kupu berwarna-warni yang banyak ditemukan di area The Metamorphosis of Butterfly. 

Kemudian ada Universe Amphitheater yang menyediakan tempat duduk berupa lantai kayu yang artistik dan bantal-bantal besar berwarna hijau sebagai tempat bersantai.

Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage merupakan sebuah gedung yang dibangun pada abad ke-17 dengan sentuhan arsitektur tradisional Tionghoa. Museum yang berlokasi di Jl. Cilame No. 20, Pasar Lama ini merupakan salah satu bangunan yang paling tua di Kota Tangerang.

Salah satu hal menarik yang bisa ditelusuri di tempat ini yaitu mengetahui sejarah mendaratnya armada Cheng Ho di Indonesia. Selain itu, bagi yang menyukai fotografi, ada juga sebuah galeri yang menyimpan berbagai model kamera kuno. 

Marcopolo Waterpark

Marcopolo Waterpark Serpong adalah salah satu tempat wisata yang tepat jika Anda menyukai rekreasi wisata air. 

Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Kampung No. 58, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang ini menawarkan beberapa wahana permainan air, seperti kolam arus dan big slider. Selain itu, ada pula kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan air mancur.

Menariknya, Marcopolo Waterpark Serpong berada di lantai 5 Gedung Great Western. Hal ini membuat para pengunjung dapat melihat langsung pemandangan Kota Tangerang dari ketinggian sambil bermain air. 

Ocean Park Water Adventure

Tempat rekreasi air di Tangerang lain adalah Ocean Park Water Adventure.

Letaknya di Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, Tangerang Selatan. Jam bukanya pukul 11.00 WIB – 19.00 WIB (Senin – Jumat) atau 08.00 WIB – 19.00 WIB (akhir pekan).

Ada beberapa wahana seru yang dapat dicoba, seperti Adrenaline Rush, The Ocean, dan A Paradise for Kiddo. Tersedia pula berbagai fasilitas pendukung, yaitu loker, toilet, shower, WiFi, food court, dan nursing room.

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Pilihan wisata alam di Tangerang yang bisa dicoba adalah mengunjungi Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Tempat wisata di Tangerang ini terletak di Jl. Kertamukti Pisangan Raya No. 121, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain menyajikan pemandangan alam dan udara yang segar, objek wisata ini juga merupakan pusat kegiatan edukasi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Beberapa kegiatan itu antara lain berkemah, outbound, bahkan reuni dan gathering. 

Untuk masuk ke area wisata Situ Gintung, pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000. Namun, untuk bermalam biayanya naik menjadi Rp 20.000.

Taman Buaya Tanjung Pasir 

Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan area penangkaran buaya yang cukup besar. Anda bisa melihat secara langsung ratusan buaya berbagai ukuran yang dikoleksi di tempat wisata di Tangerang ini.

Meskipun demikian, tak perlu khawatir karena area penangkaran tergolong aman. Selain itu, lokasi dilengkapi pula dengan pepohonan sehingga suasana terasa teduh dan sejuk. 

Tidak ada atraksi spesifik yang disuguhkan, tetapi Anda bisa melihat momen ketika buaya diberi makan.

Waktu kunjungan ke tempat ini mulai di jam 08.00 WIB – 18.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuknya seharga Rp8.000 untuk dewasa, dan Rp4.000 untuk anak-anak.

Situ Cihuni

Situ Cihuni yang terletak di Desa Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang menawarkan keindahan alam danau yang menyegarkan. 

Bagi Anda yang senang bersepeda, Situ Cihuni menjadi salah satu rute sepeda yang cukup menantang. Rute yang cukup populer bagi para pesepeda ini disebut sebagai Jalur Naga. 

Bukan hanya itu, tempat wisata di Tangerang ini juga memiliki kawasan agrowisata seluas 32 hektar. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, termasuk memanen sayuran dan buah.

Froggy Edutography Floating Castle

Froggy Edutography Floating Castle cocok untuk tempat bermain anak. Letaknya ada di kawasan BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan.

Sebutan lainnya adalah Istana Melayang. Wajar, dari namanya saja jadi membuat penasaran. 

Bangunan megah ini terdiri atas 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter, lebar 1,9 meter, dan tebal 19 milimeter. 

Lembaran-lembaran kaca ini sama sekali tidak disambung, hanya digantung atau menggunakan teknik suspended. Nah, model inilah yang menimbulkan efek melayang.

Bangunan yang terdiri atas 10 lantai ini menawarkan beragam hal menarik, khususnya untuk anak-anak. Misalnya, ada sebuah lantai yang khusus menyediakan fasilitas indikator kecerdasan anak berdasarkan ciri-cirinya.

Pulau Cangkir Kronjo

Pesisir utara Kabupaten Tangerang memiliki pesona tersendiri. Pada wilayah ini, terdapat sebuah kawasan yang berbentuk serupa cangkir dengan luas 4,5 hektar dengan panorama mangrove. 

Pulau kecil ini dihubungkan dengan daratan oleh sebuah jembatan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit.

Meskipun kecil, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai di sekitarnya dan bisa juga melakukan ziarah di makam salah seorang ulama besar di Banten, yaitu Syekh Waliyuddin. 

Telaga Biru Cisoka

Banyak orang mengenal Telaga Biru Cisoka dengan nama Danau Biru Cigaru. Dahulu, tempat ini merupakan lokasi galian pasir, tetapi saat ini sudah tidak lagi beroperasi.

Setelah beberapa lama, lubang bekas galian pasir tersebut terisi oleh air hujan. Lama-kelamaan, air yang tertampung semakin banyak sehingga membentuk telaga. 

Lokasi persisnya ada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Ada dua danau yang bisa dikunjungi di destinasi wisata ini. Danau pertama berada di sebelah kanan pintu masuk. Air danau tersebut berwarna biru. 

Sementara itu, danau kedua yang berada di sebelah kiri pintu masuk memiliki air yang berwarna hijau. Perbedaan warna danau ini dipengaruhi oleh kadar keasamannya.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/11/160000227/simak-pilihan-destinasi-keren-untuk-liburan-mudik-di-tangerang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke