Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengelola Wisata Tangkuban Parahu: Tak Ada Wisatawan yang Cidera

KOMPAS.com – Gunung Tangkuban Parahu, atau yang kerap disebut Tangkuban Perahu, mengalami erupsi hari ini, Jum’at (26/07/2019). Heri Hidayat selaku staf PTGRPP (PT Graha Rani Putra Persada) selaku Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu menyebut erupsi yang terjadi bukanlah erupsi besar.

Heri menyebutkan tidak ada letusan saat kejadian. Saat ini, menurutnya, kondisi terbilang aman.

“Bukan erupsi besar, hanya terjadi hembusan disertai abu. Tidak ada letusan. Semuanya aman, kok,” ujarnya.

Saat ditanya perihal bagaimana kondisi wisatawan saat kejadian, Heri mengatakan tidak ada wisatawan yang terluka atau cidera.

Untuk jumlah wisatawan saat kejadian, Heri belum dapat memastikan. Pihaknya menyebut, 20 menit usai erupsi lokasi langsung disterilkan.

“Untuk jumlah tak bisa memprediksikan. Langsung diimbau untuk turun semua. Dua puluh menit dari kejadian lokasi langsung steril,” ujarnya.

Mengenai kapan Gunung Tangkuban Parahu akan dibuka kembali, Heri mengaku pihaknya menunggu imbauan dari pihak vulkanologi.

“Besok belum bisa memastikan karena dari (badan) vulkanologi sekarang masih dalam pemantauan. Kalau misal nanti malam kondisi menurun atau normal kembali, hembusan dan sebagainya, besok bisa dibuka. Tapi kalau dari seismometer atau vulkanologi merekomendasikan jangan dulu ya berati kita tidak buka dulu,” tuturnya.

Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu destinasi gunung populer di Jawa Barat dan Indonesia. Gunung ini terkenal oleh legenda Sangkuriang.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/26/193508127/pengelola-wisata-tangkuban-parahu-tak-ada-wisatawan-yang-cidera

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke