Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nusa Penida Jawara Pertama Destinasi Backpacker Terbaik Dunia 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Nusa Penida, Klungkung, Bali, dinyatakan Hostelworld sebagai destinasi backpacker nomor satu untuk 2020.

Platform pemesanan hostel online basis Dublin, Irlandia ini mengungkapkan pemesanan akomodasi di Nusa Penida mengalami peningkatan dari wisatawan Inggris sebesar 610 persen dalam satu tahun terakhir.

Dengan kata lain Nusa Penida menjadi destinasi paling ingin dikunjungi wisatawan Inggris selama setahun terakhir. 

Terletak di sebelah tenggara Bali, Nusa Penida menjadi destinasi populer wisatawan domestik dan mancanegara. Ada dua pilihan tipe wisata di Nusa Penida, pulang-pergi dengan kapal cepat ataupun menginap di sana.

Dikutip dari siaran pers Hostelworld, disebutkan pesona Nusa Penida adalah Pantai Kelingking dengan tebing berbentuk mirip Tyrannosaurus Rex.

Hostelworld juga berfokus pada ritme kehidupan pulau yang santai, cocok bagi para backpacker. 

Di Nusa Penida, wisatawan juga dapat melihat ikan pari manta, serta rumah perlindungan jalak bali yang ikonik yang dulu dianggap telah punah.

Tak hanya itu, di pulau ini juga menyediakan sewa motor dan mobil yang dapat dengan mudah ditemui di setiap dermaga pelabuhan.

Di bawah peringat Nusa Penida, Hostelworld menobatkan Surat Thani di Thailand sebagai urutan kedua destinasi backpacker terbaik 2020. Kota ini terkenal karena aksesnya yang mudah ke pulau-pulau yang indah.

Kota ini dinilai sebagai tempat yang cocok untuk singgah sejenak sebelum bepergian ke pantai favorit.

Dengan peningkatan pemesanan 256 persen satu tahun terakhir, destinasi ini menawarkan kesempatan untuk melihat budaya kerja, makanan jalanan, pantai tersembunyi yang indah dan kuil China berwarna indah.

Peringkat ketiga diisi oleh Pulau Siargao, sebuah pulau yang menakjubkan di Filipina. Pulau ini juga terpilih menjadi pulau terbaik di Filipina oleh pembaca Conde Nast Traveller awal tahun ini.

Pulau berbentuk air mata ini mengalami peningkatan pemesanan 181 persen dalam tingkat pemesanan hostel. Hal ini dikarenakan orang Inggris yang mengakui keindahan dari pantai pasir putih dan hutan yang asri di sana.

Selain ketiga destinasi itu, Hostelworld juga mencatat 20 tujuan wisata utama lainnya yang mengalami peningkatan pemesanan lebih dari dua kali lipat seperti Ha Giang 118 persen, dan Phong Nha 104 persen, keduanya dari Vietnam.

Tak ketinggalan, Kuta Lombok juga termasuk dalam urutan kelima dengan peningkatan 107,5 persen. Ini menunjukkan keinginan bagi para petualang jarak jauh khususnya backpacker muda yang meningkat.

Berikut 20 destinasi terbaik untuk backpacker  tahun 2020 versi Hostelworld, dengan data kenaikan pemesanan hostel dari wisatawan Inggris:

1. Nusa Penida, Indonesia 610 persen
2. Surat Thani, Thailand 256 persen
3. Pulau Siargao, Filipina 181 persen
4. Ha Giang, Vietnam 118 persen
5. Kuta Lombok, Indonesia 108 persen
6. Phong Nha, Vietnam 104 persen
7. Amman, Yordania 61 persen
8. Danau Tekapo, Selandia Baru 49 persen
9. Ibiza, Spanyol 49 persen
10. Ninh Binh, Vietnam 36 persen
11. Coron, Filipina 23 persen
12. Faro, Portugal 20 persen
13. Yosemite, Amerika Serikat 18 persen
14. Beirut, Libanon 18 persen
15. Fukuoka, Jepang 18 persen
16. Lagos, Portugal 17 persen
17. Gunung Fuji, Jepang 13 persen
18. Ha Long, Vietnam 12 persen
19. Cornwall, Inggris 12 persen
20. Quy Nhon, Vietnam 12 persen

https://travel.kompas.com/read/2019/12/04/115114127/nusa-penida-jawara-pertama-destinasi-backpacker-terbaik-dunia-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke