Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Fasilitas Terminal 3 Bandara Soetta yang Bikin Nyaman

Fasilitas-fasilitas ini bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan pada penumpang pesawat di bandara.

Berikut berbagai fasilitas yang tersedia di Terminal 3 Bandara Soetta.

1. Medical Assistant

Fasilitas ini menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis yang bisa digunakan oleh calon penumpang pesawat atau bahkan sekadar pengunjung yang mengantar.

Lokasinya ada di area keberangkatan Terminal 3.

"Kalau kurang fit bisa konsultasi. Misalnya pusing kepala, cek kesehatan. Ada dokternya. Sakit perut, cek kesehatan, bisa minta obat dan itu gratis juga," jelas Febri Toga Simatupang, Senior Manager Branch Communication and Legal Angkasa Pura II.

Pertama ada di area bawah kedatangan. Kedua di lantai Mezanine area dekat tempat parkir kedatangan.

Penitipan barang ini tarifnya bermacam-macam dihitung per hari. Barang yang dititipkan akan diukur berat dan ukurannya. Tarif berkisar mulai dari Rp 50.000 - Rp 150.000 per hari.

Tak hanya jadi tempat penitipan barang, penumpang juga bisa sekaligus mengirimkan barang ke tempat tertentu. Cara kerjanya seperti sistem kargo dan pengiriman barang lainnya.

3. ATM Center, Money Changer, dan Smoking Area

Di sini juga terdapat ATM center yang cukup lengkap. Berlokasi di area tengah lebih dekat ke area keberangkatan internasional.

Sementara money changer atau tempat penukaran uang di Terminal 3 tersedia di area keberangkatan internasional.

Ada beberapa pilihan penukaran uang yang tersedia. Selain itu ada juga smoking area yang tersebar di beberapa penjuru Terminal 3, di antaranya di area keberangkatan internasional, area keberangkatan domestik, dekat area parkir, sekitar area check-in, dan di dalam boarding area.

4. Shopping dan Dining Arcade

Area shopping dan dining arcade yang ada di area check-in Terminal 3 jadi salah satu yang bisa dimasuki oleh publik.

Tak heran jika area yang ada di terminal keberangkatan ini kerap kali penuh. Di area ini banyak sekali toko-toko mulai dari tempat makan dan minum hingga pernak-pernik menarik.

Maka dari itu, penumpang yang memiliki barang dengan dimensi besar seperti papan surfing tidak bisa memasukkan barang tersebut lewat konter check-in pada umumnya, melainkan konter baggage handling system khusus.

"Hanya ada di Terminal 3, di 1 dan 2 belum ada. Jadi nanti kalau barang besar misalnya papan surfing atau barang yang kecil seperti ransel biasa yang mau masuk bagasi itu tidak boleh lewat konter biasa, harus lewat BHS yang ini,” jelas Kepala Digital Service Terminal 3 Bandara Soetta, Rahmat.

6. Charging Point dan Free Wifi

Bagi penumpang yang punya ponsel atau laptop dengan baterai yang hampir habis, maka bisa memanfaatkan charging point yang tersebar di seluruh penjuru Terminal 3.

Tak hanya itu saja, Terminal 3 juga dilengkapi fasilitas free wifi yang bisa kamu akses secara bebas. Kamu hanya perlu menyambungkan koneksi saja, lalu login dengan masuk ke Google.

Tarifnya sekitar Rp 5.000 - Rp10.000 saja.

Terdapat dua tempat penyewaan mobile Wifi yang bisa kamu temukan di sini.

Adalah Java Mifi di area keberangkatan internasional dan Trafy di area digital lounge. Tarifnya sendiri berbeda-beda, tergantung negara tujuan dan lama penyewaan.

Kamu bisa memesan mobile Wifi ini lewat aplikasi Indonesia Airport atau bisa juga langsung di booth penyewaan.

9. Fasilitas Concierge Express

Bagi kamu yang ingin serba praktis, bisa juga menggunakan fasilitas concierge express yang bisa kamu pesan lewat aplikasi Indonesia Airport.

Dengan membayar Rp 50.000, kamu bisa memesan paket yang sudah termasuk mengingatkan jam keberangkatan, penjemputan dari lobby hingga boarding area atau lounge, dan segala proses check-in hingga boarding juga dihandle oleh petugas khusus.

"Fasilitas khusus untuk penumpang yang berkategori bisnis. Nanti dilayani dari awal, tinggal daftar saja. Ditelepon mengingatkan jadwal penerbangan. Nanti dijemput di lobby, langsung diurus sama anggota kita dari mulai check-in, bagasi, hingga antar ke boarding lounge,” jelas Febri.

Jumlah Gate yang ada di Terminal 3 sendiri sangat banyak, sehingga akan sangat melelahkan bagi penumpang yang membawa banyak barang bawaan.

Untungnya pihak Angkasa Pura II sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa mempermudah proses mobilisasi penumpang.

Terdapat fasilitas mobil golf yang berkeliling terminal setiap beberapa menit sekali. Penumpang hanya tinggal antri di tempat yang sudah ditentukan. Fasilitas ini gratis.

Selain itu, ada juga fasilitas Grabwheels hasil kerja sama dengan perusahaan Grab.

Grabwheels sudah ada sejak beberapa bulan lalu dan bisa digunakan sesuai dengan sistem penyewaan di aplikasi Grab. F

asilitas ini cocok digunakan bagi penumpang yang tak membawa banyak barang.

Lalu ada juga shuttle bus yang tersedia di gate-gate paling jauh dari pintu keluar. Nantinya, penumpang akan diarahkan langsung dari pesawat menaiki shuttle bus dan dibawa hingga ke Gate 13, gate terdekat ke arah pintu keluar.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/17/091500327/10-fasilitas-terminal-3-bandara-soetta-yang-bikin-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke