Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kuliner Khas Tanjung Pinang yang Wajib Dicoba

Tanjung Pinang yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau dipengaruhi oleh budaya Melayu yang kental sehingga penganannya pun memiliki ciri khas Melayu yang kental.

Berikut ini beberapa kuliner khas Tanjung Pinang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.

Biasanya gonggong diolah hanya dengan cara direbus. Gonggong yang sudah matang lalu dimakan dengan dicocol ke sambal spesial.

Rasa gonggong agak manis, dagingnya yang kenyal memberikan sensasi yang menarik. Saat memakan gonggong harus hati-hati.

Pasalnya terdapat sejenis kuku yang dijadikan alat kita mengambil daging gonggong dari cangkangnya. Kuku ini berbentuk seperti ekor udang, keras dan tidak bisa dimakan.

Otak-otak khas Tanjung Pinang berbeda dengan otak-otak lainnya. Memiliki tiga macam varian pada umumnya, yaitu otak-otak original dengan daging ikan saja, otak-otak pedas yang berwarna merah, dan otak-otak pedas dengan campuran daging sotong.

Rasanya manis dan gurih, teksturnya sangat lembut cenderung seperti kue lumpur.

Rasanya nikmat, gurih dengan sedikit manis. Rotinya sangat lembut berpadu dengan gurihnya abon ikan yang cukup banyak di dalamnya.

Luti gendang bisa kamu temukan di hampir setiap warung makan di Tanjung Pinang. Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp 2.500 per buahnya.

Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh juga bisa, dengan membeli luti gendang yang belum digoreng. Jenis ini bisa kamu simpan sampai beberapa minggu di kulkas dan tidak akan basi.

Rasanya sendiri mirip dengan kue cincin, manis dan legit di lidah. Bahan pembuatannya menggunakan tepung beras yang dicampur gula merah.

Disebut mi lendir karena kuah mi yang sangat kental hingga menyerupai lendir. Rasanya sendiri cukup nikmat, ada perpaduan gurih dan manis yang pas.

Namun, kedai Mi Tarempa bisa dengan mudah kamu temukan di Tanjung Pinang.

Rasa Mi Tarempa cukup mirip dengan mi aceh, tapi tak ada rasa pedas rempah yang mendominasi.

Rasa Mi Tarempa cenderung manis dan sedikit gurih. Topping-nya nikmat, dengan pilihan daging ikan, daging sapi, dan aneka seafood.

Air dohot merupakan minuman penyegar khas Melayu yang cukup unik. Pasalnya, air dohot menggunakan buah-buahan kering seperti kesemat, kurma, kelengkeng, dan masih banyak lagi. Buah-buahan kering ini yang kemudian memberikan rasa unik terhadap air dohot.

Airnya sendiri merupakan hasil rebusan buah kering dan gula batu. Memberikan rasa manis menyegarkan yang tidak membuat tenggorokan menjadi sakit. Menurut kepercayaan masyarakat, air dohot ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan panas dalam.

Konon, karena murka sang laksamana pun menghancurkan kebun kweni yang menyebabkan banyaknya buah kweni yang berjatuhan.

Oleh masyarakat sekitar, buah kweni tersebut diolah menjadi es yang diberi nama laksamana mengamuk.

Buah kweni yang sudah dipotong-potong lalu dicampur dengan larutan santan dan es batu.

Kini, banyak yang sudah memodifikasi es ini dengan menambahkan berbagai bahan lain seperti kelapa serut dan biji selasih.

Kopi yang dicampur dengan berbagai macam rempah, menghasilkan rasa yang unik. Sedikit hangat dengan sejuta manfaat.

Ada tiga jenis kopi rempah, yaitu kopi tujuh rempah, sembilan rempah, dan 11 rempah. Masing-masing punya khasiat yang unik.

Cara minumnya pun unik, kopi sekanak hanya menggunakan susu kambing dan madu untuk pemanis. Lalu kopi diaduk menggunakan batang kayu manis hingga rata, dan baru diminum.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/08/125500727/10-kuliner-khas-tanjung-pinang-yang-wajib-dicoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke