Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Merek Cokelat Khas Daerah Indonesia, Cocok untuk Jadi Oleh-oleh


JAKARTA, KOMPAS.com - Cokelat telah lama jadi salah satu budidaya di Indonesia. Kini cukup banyak produsen cokelat yang bisa kamu temukan di berbagai daerah wisata. Cokelat jadi salah satu pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa.

Berikut ini beberapa merek cokelat yang bisa kamu temukan di berbagai daerah wisata Indonesia. Selain rasanya yang enak, kemasannya juga menarik. Sangat cocok untuk jadi oleh-oleh. 

1. Yogyakarta

Yogyakarta punya beberapa merk cokelat khas daerahnya yang memiliki keunggulan masing-masing. Dua di antaranya adalah cokelat Monggo dan cokelat nDalem.

Cokelat Monggo memiliki banyak varian rasa. Mulai dari cokelat putih, susu, dan hitam biasa. Hingga yang unik seperti rasa rosella, marzipan, cereal bar, hingga rendang.

Cokelat Monggo diciptakan oleh seorang Belgia bernama Thierry Detourney. Ia menggunakan resep cokelat ala Belgia sehingga rasa dari cokelat Monggo ini cukup mirip dengan cokelat ala Belgia sana.

Kemasannya juga unik, cokelat nDalem kental budaya nusantara dengan gambar dunia perwayangan Indonesia.

2. Malang

Selain pie strudel atau kue lapisnya, kamu juga bisa menemukan cokelat unik khas kota Malang. Adalah cokelat tempe dengan merk De’Konco. Kombinasi rasa cokelat dan tempe bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka bereksperimen.

3. Garut

Garut yang terkenal sebagai makanan khas dodol Garut juga memiliki cokelat khas bernama Chocodot. Pada awal kemunculannya, cokelat unik ini memiliki jenis cokelat isi dodol Garut. Namun kini, varian rasanya sudah sangat beragam.


4. Bali

Bali jadi salah satu daerah yang terkenal punya cukup banyak merk cokelat lokal dan agrowisata cokelat yang patut disinggahi. Ada beberapa merk cokelat lokal yang menarik di Bali.

Salah satunya adalah Wonder Chocolate yang jadi produksi Bamboo Chocolate Factory. Wonder Chocolate jadi produk yang unik karena menggunakan sari kelapa sebagai pemanis alami.

Di sini cokelatnya memiliki rasa yang unik. Seperti rasa mint dan goji berry, raisin cashew, serta pure and raw original yang dibuat dari cokelat murni dan sari kelapa.

5. Banyumas

Merk cokelat yang bisa kamu temukan di Banyumas adalah Soklat Inyong. Cokelat ini diproduksi secara rumahan dan memiliki cita rasa yang khas.


6. Blitar

Di Blitar terdapat agrowisata Kampung Cokelat yang bisa kamu kunjungi. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai jenis cokelat produksi terbaik dari Kampung Cokelat. Ada cokelat bar klasik, ada juga cokelat krispi yang unik.

7. Jember

Untuk Jember, kamu bisa menemukan cokelat unik. Berbeda dari cokelat lainnya, cokelat Fondre khas Jember ini menggunakan isian berupa edamame atau kedelai Jepang. Jember juga dikenal sebagai penghasil edamame unggul.

Selain memiliki isian edamame, cokelat Fondre juga memiliki paduan rasa lainnya. Seperti oreo dengan edamame dan raisin dengan edamame.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/12/121600027/8-merek-cokelat-khas-daerah-indonesia-cocok-untuk-jadi-oleh-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke