Salin Artikel

Amerika Serikat Sambut Kembali Turis Asing Mulai November 2021

KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS) akan melonggarkan aturan perbatasan dan mengizinkan kembali turis asing yang telah divaksin Covid-19 mulai 8 November 2021.

Melansir Lonely Planet, Sabtu (16/10/2021), sebelumnya AS tetap menutup perbatasannya bagi sebagian besar pelancong sejak Maret 2020.

Meski negara tetangga seperti Kanada telah mencabut pembatasan masuk bagi turis asing dan warga AS yang sudah divaksin, Negeri Paman Sam tergolong lambat dalam pelonggaran aturan perbatasan yang ketat.

Turis asing bisa liburan ke AS

Gedung Putih akan mengumumkan kebijakan baru yang memungkinkan banyak wisatawan asing yang sudah divaksin untuk berkunjung ke AS mulai 8 November 2021.

Pada Jumat (15/10/2021), Assistant Press Secretary Kevin Munoz mengunggah tulisan dalam media sosial Twitter terkait hal ini.

Dalam unggahan itu dia mengungkapkan, kebijakan perjalanan baru tersebut mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi pelancong asing yang hendak mengunjungi AS.

“Pengumuman dan tanggal ini berlaku untuk kedatangan internasional via jalur udara dan darat. Kebijakan ini berpedoman pada kesehatan masyarakat, keketatan, dan konsisten,” unggah Munoz, mengutip Lonely Planet.

Terkait jenis vaksin Covid-19, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menerima vaksin yang diizinkan oleh Food and Drug Administration (FDA) yakni Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Pemerintah AS juga mengumumkan, mereka akan mengizinkan vaksin Covid-19 yang diizinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk penggunaan darurat seperti AstraZeneca dan Sinovac.

Tidak semua bisa berkunjung

Saat ini, pelancong yang selama 14 belakangan telah berada di Inggris Raya, Area Schengen, Irlandia, China, Iran, Brasil, Afrika Selatan, dan India dilarang mengunjungi AS dengan beberapa pengecualian.

Namun, hal ini akan berubah mulai 8 November saat AS mengizinkan seluruh wisatawan asing yang telah divaksin lengkap untuk berkunjung ke sana.

Kendati demikian, para pelancong harus menunjukkan bukti vaksin Covid-19 dan hasil negatif tes Covid-19 yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan.

AS juga akan membuka perbatasan daratannya dengan Kanada dan Meksiko untuk pelancong yang telah divaksin. Menurut CBC, hasil negatif tes Covid-19 tidak diperlukan.

Selanjutnya, para wisatawan harus memakai masker selama perjalanan, serta memberikan nomor telepon dan email sebagai bagian dari sistem pelacakan kontak baru bagi wisatawan yang masuk.

Siapkan bukti vaksin atau hasil negatif tes Covid-19 saat di AS

Bukti vaksin atau hasil negatif tes Covid-19 semakin diperlukan untuk aspek kehidupan sehari-hari di AS.

Misalnya untuk makan di dalam ruangan, pergi ke museum atau tempat wisata, atau mengunjungi konser dan acara besar.

Kendati demikian, aturan terkait hal ini cukup membingungkan lantaran tidak ada sistem standardisasi di AS. Alhasil, apa yang dibutuhkan dan di mana hal tersebut akan digunakan tergantung pada tujuan calon pelancong.

Bukti vaksin di New York

Untuk New York City, bukti vaksin diperlukan untuk makan atau minum di dalam ruangan di restoran, bar, dan kafe.

Tidak hanya itu, pemerintah kota ini juga mewajibkan penggunaan bukti vaksin untuk kunjungan ke pusat kebugaran, kelas fitnes, teater, atau tempat hiburan lainnya.

Bukti vaksin atau hasil negatif tes Covid-19 di tempat lain

  • New Orleans dan Hawaii

Sementara itu, bukti vaksin atau hasil negatif tes Covid-19 diperlukan untuk memasuki area-area yang sama dengan di New York City di New Orleans, serta O’ahu dan Maui di Hawaii.

  • California

Di California, bukti vaksin Covid-19 wajib ditunjukkan untuk mengakses banyak venue dalam ruangan di San Francisco dan Los Angeles, juga taman hiburan seperti Universal Studios Hollywood dan Six Flags.

  • Daerah lain di seluruh AS

Selain yang telah disebutkan di atas, kota dan daerah lain di seluruh AS juga mewajibkan masyarakat untuk menunjukkan bukti vaksin atau hasil negatif tes Covid-19.

Sebelum melancong ke AS, calon wisatawan perlu memeriksa terlebih dulu persyaratan untuk masuk ke area-area yang ada di kota atau daerah tujuan di AS.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/17/111100227/amerika-serikat-sambut-kembali-turis-asing-mulai-november-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.