Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Versi Baru Kereta Mewah Orient Express Akan Beroperasi pada 2023

KOMPAS.com - Versi baru kereta Orient Express akan beroperasi pada 2023. Melansir Thrillist, Selasa (4/1/2022), sejak 1977, kereta mewah ikonik ini sudah tidak lagi melewati Italia.

Pada 2023, pelancong dapat merasakan kesempatan bepergian dengan kereta berfasilitas supermewah dengan diluncurkannya Orient Express La Dolce Vita.

Menurut keterangan tertulis yang dikutip Thrillist, kereta itu bakal ditata sebagai penghormatan pada Italia era 1960-an.

Orient Express pertama kali diluncurkan sekitar 150 tahun lalu oleh Georges Nagelmackers.

Sejak saat itu, kereta ikonik itu telah diabadikan dalam berbagai film dan literatur, termasuk salah satu yang paling populer adalah novel Murder on the Orient Express karya Agatha Christie yang juga sudah diangkat ke layar lebar.

Jalur La Dolce Vita nantinya memiliki enam kereta api yang akan melakukan perjalanan ke 14 wilayah.

Melansir CNN, Selasa, rute kereta mencakup sekitar 16.000 kilometer dari utara ke selatan, termasuk perjalanan dari Venesia ke Trieste, sepanjang pantai Dalmatian ke Split, serta perjalanan melalui perbukitan Tuscany dan sekitar Sisilia.

Penumpang yang singgah di Roma akan mendapatkan kesempatan bermalam di Orient Express Hotel pertama, Minerva, yang berbasis di Istana Barok pada abad ke-17 di Piazza, Minverva. Namun, hotel ini baru dibuka pada 2024.

Ini adalah proyek bersama antara Trenitalia, bagian dari perusahaan kereta api Italia Ferrovie dello Stato dan Arsenale SpA. Keduanya memiliki spesialisasi di bidang hospitality mewah. Pengalaman ini disebut sebagai cara alami untuk para penumpang bisa menikmati keindahan Italia.

"Perjalanan kereta api mewakili pilihan transportasi yang lebih hijau, meningkatkan perjalanan ke kota-kota besar serta lokasi berukuran kecil-menengah dengan situs budaya dan pemandangan yang menarik," kata CEO dan General Manager Trenitalia, Luigi Corradi, seperti dikutip CNN.

  • Mewahnya Orient Express Versi Jepang
  • 5 Jalur Kereta Api Terindah di Indonesia, Bisa Lihat Pegunungan

Versi baru Orient Express dirancang oleh studio arsitektur dan desain Dimprestudio.

Secara terampil, dekorasi kereta dibuat dengan menggabungkan zaman keemasan desain Italia dengan nuansa yang lebih modern.

Detail yang menonjol seperti karpet warna-warni, jendela berukuran besar, dan karya seni kontemporer sebagai pemanis yang sempurna.

Dengan berbagai kemewahan yang dihadirkan, perjalanan sekaligus menginap di Orient Express La Dolce Vita akan dibanderol 2.000 euro atau sekitar Rp 32,3 juta.

Secara resmi, kereta ini akan diumumkan awal tahun dengan uji coba dari Roma ke Civitaveccia di pesisir Lazio.

Kereta ini akan bergabung dengan Venice Simplon-Orient Express yang bersejarah dan terdiri dari gerbong yang dipugar dari layanan Orient Express 1920-an yang asli.

Penasaran dengan Orient Express yang satu ini? Sabar menunggu hingga 2023, ya!

8 Stasiun Kereta Terindah di Dunia, Bergaya Klasik hingga Modern

6 Transportasi Saat Berwisata di Vietnam, dari Kereta Hingga Perahu

https://travel.kompas.com/read/2022/01/04/132801127/versi-baru-kereta-mewah-orient-express-akan-beroperasi-pada-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke