Salin Artikel

13 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Libur Lebaran

KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan surganya pantai-pantai indah.

Berada di pesisir laut selatan, mayoritas pantai di Gunungkidul mempunyai air biru kristal serta pasir putih. 

  • 5 Fakta Istana Kepresidenan Yogyakarta, Tempat Jokowi Shalat Id
  • 8 Wisata Yogyakarta Baru yang Bisa Dikunjungi Saat Lebaran 2022

Selain itu, sejumlah pantai di Gunungkidul menawarkan fasilitas lengkap bagi wisatawan, seperti wahana permainan, warung makan, area parkir, toilet, mushola, dan lainnya.

Tak heran, pantai-pantai di Gunungkidul menjadi incaran pengunjung saat libur, termasuk lebaran 2022.

Berikut rekomendasi pantai di Gunungkidul yang pas dikunjungi saat libur lebaran 2022.

Pantai Gesing berada di sebuah teluk serta diapit dua bukit, seperti dikutip dari situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena diapit dua bukit, maka ombak di Pantai Gesing tak terlalu besar. 

Ada kapal nelayan yang berlabuh di pantai ini, baik nelayan lokal maupun wilayah lain karena terdapat tempat pelelangan ikan.

Oleh sebab itu, banyak toko dan warung yang menjual olahan ikan di Pantai Gesing. 

Pantai berpasir putih ini berada di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. 

Berjalan ke arah timur Pantai Gesing, wisatawan bisa menemui Pantai Ngobaran. Lokasinya sekitar 18 kilometer (km) atau 40 menit dengan berkendara dari Pantai Gesing.

Pantai Ngobaran sering dijuluki Bali of Java atau Uluwatunya Yogyakarta, seperti dikutip dari situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebab, Pantai Ngobaran berada di antara tebing-tebing yang mempunyai bangunan pura di atasnya. 

Selain pura, wisatawan bisa menemukan masjid di Pantai Ngobaran. Nuansa budaya dan agama itu menjadi daya tarik Pantai Ngobaran.

Selain itu, Pantai Ngobaran juga memiliki pemandangan eksotis.

Bila air laut surut, pengunjung bisa melihat hamparan rumput laut dan alga serta biota laut sepanjang pantai. Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul.

Berlanjut ke arah timur sekitar 13 km, terdapat Pantai Baron. Keunikan pantai ini adalah pertemuan antara air laut dan air sungai yang bermuara di Pantai Baron. 

Ada dua barisan batu karang yang mengepit Pantai Baron di kedua sisinya. Batuan tersebut menahan ganasnya gelombang laut selatan yang datang ke tepi pantai. 

Tak jauh dari pantai, ada kompleks mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang. Fasilitas di Pantai Baron juga cukup memadai bagi wisatawan seperti kuliner, toko cinderamata, area parkir, tempat bermain anak, dan lainnya. 

Jadi, Pantai Baron bisa menjadi alternatif destinasi wisata saat libur lebaran.

Lokasi Pantai Kukup dekat dengan Pantai Baron, hanya lima menit dengan berkendara. Mengutip Kompas.com (27/06/2020), ciri khas pantai ini adalah pulau karang kecil di seberang pantai yang bernama Pulau Jumino. 

Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung bisa menyeberang menggunakan jembatan.

Banyak wisatawan memanfaatkan Pulau Jumino sebagai salah satu spot foto dengan latar belakang pantai atau Samudera Hindia.

Fasilitas di Pantai Kukup terbilang memadai untuk destinasi libur Lebaran. Mulai dari warung makan, area parkir, mushola, toko souvenir, dan lainnya.

Sesuai namanya, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai di daerah Gunungkidul berdasarkan informasi dari situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Dengan berkendara 11 menit dari Pantai Kukup ke arah timur, wisatawan sudah sampai di Pantai Sepanjang. 

Hamparan luas pasir putih memanjang dari sisi barat ke timur dibatasi dengan perbukitan batu karang. Keunikan Pantai Sepanjang adalah menawarkan keindahan Pantai Kuta tempo dulu. 

Saat air laur surut, pengunjung dapat melihat habitat aneka biota laut yang tersembunyi di antara batu karang.

Penduduk sekitar juga memanfaatkan air laut surut untuk mengambil rumput laut sebagai konsumsi pribadi maupun dijual menjadi produk olahan.

Jika kamu ingin menikmati pantai yang masih alami dengan pasir putih dan air laut biru, maka cobalah datang ke Pantai Watu Kodok.

Lokasinya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. 

Mengutip situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, nama Watu Kodok berarti batu katak. Sebab, ada dua tebing batu karang di sisi barat dan timur pantai yang bentuknya menyerupai katak. 

Pantai Watu Kodok memiliki garis pantai cukup luas dan panjang, mencapai 600 meter. Akses menuju Pantai Watu Kodok terbilang mudah, sebab jalannya sudah bagus.

Pengunjung diperbolehkan untuk berenang, bermain air, dan bermain voli di pinggir pantai. Obyek wisata ini bisa menjadi alternatif destinasi libur lebaran kamu dan keluarga.

Pantai Drini merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang banyak dikunjungi wisatawan. Keunikan pantai ini adalah keberadaan pulau kecil di tengah laut yakni Pulau Drini. 

Mengutip Kompas.com, Sabtu (09/02/2019), pulau tersebut membagi pesisir pantai menjadi dua bagian. Sisi barat sebagai tempat sandar perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan. 

Sedangkan, sisi timur merupakan lokasi wisata yang berupa pantai pasir putih dan perbukitan hijau. 

Fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai bagi wisatawan seperti restoran, toko oleh-oleh, area parkir, dan lainnya.

Selain menikmati panorama pantai, pengunjung bisa menikmati aktivitas mendayung kano, snorkeling, dan mendaki tebing. 

Pantai Krakal mempunyai barisan karang yang indah. Mengutip situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Krakal diyakini tercipta melalui proses alam yang panjang.

Dahulu, pantai ini diyakini berada di dasar laut. Namun, akibat pengangkatan kerak bumi, dasar laut itu semakin naik ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan.

Alhasil, muncul pantai unik yang dipenuhi dengan batuan karang. Sekitar pantai, terdapat penginapan yang bisa disewa oleh wisatawan.

Lokasinya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul.

Jika kamu ingin mengajak keluarga menjajal snorkeling saat libur lebaran, mengunjungi Pantai Sadranan yang masih berada di Gunungkidul, Yogyakarta bisa menjadi pilihan.

Ciri khas Pantai Sadranan adalah banyak batu karang yang dekat dengan bibir pantai.

Batu karang besar tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak, sehingga menjadi lebih tenang saat tiba di pinggir pantai.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, beragam aktivitas dapat dilakukan di Pantai Sadranan seperti snorkeling dan mendayung kano.

Pengunjung dapat mendayung kano mengelilingi pantai dan menuju batu karang yang besar. Kedua aktivitas ini menjadi favorit para pengunjung ketika berkunjung ke Pantai Sadranan.

Tak jauh dari Pantai Sadranan ke arah timur, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Sundak. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. 

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Sundak memiliki karang-karang kecil yang menghampar sampai 30 meter dari bibir pantai.

Uniknya, permukaan karang-karang tersebut tak kasar, malah terasa lembut di kaki karena diselimuti tumbuhan-tumbuhan laut yang menyerupai rumput. 

Menurut cerita warga sekitar, Pantai Sundak dulunya bernama Wedimbedah, yang artinya pasir terbelah. Pasalnya, saat musim hujan air dari daratan mengalir ke pantai dan membelah pasir pantai layaknya sungai kecil. 

Nama pantai tersebut diubah pada tahun 1976-an menjadi Pantai Sundak.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi di Gunungkidul. 

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Indrayanti terkenal dengan keindahan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai.

Terdapat bukit karang yang mengelilingi pantai ini. 

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap mulai dari restoran, penginapan, mushola, lahan parkir yang luas, toko suvenir, dan lainnya. Jadi, pantai ini cocok untuk libur Lebaran bersama keluarga. 

Pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan menyewa jetski di Pantai Indrayanti.

Mengutip situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, ciri khas pantai ini adalah sebuah pohon besar yang berdiri di area pantai. 

Pantai yang berada di Tepus, Gunungkidul ini memiliki hamparan pasir putih.

Berbagai kegiatan dapat kamu lakukan di Pantai Pok Tunggal bersama dengan keluarga saat libur Lebaran. 

Mulai dari olah raga voli pantai, menikmati panorama matahari terbenam, mencicipi kuliner, bahkan ada fasilitas penginapan.

Pantai Pok Tunggal sudah mempunyai sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti area parkir, toilet, warung , dan mushola.

Pantai Nglambor merupakan destinasi favorit snorkeling di Gunungkidul. Jadi, kamu bisa mengajak keluarga mengisi libur Lebaran dengan snorkeling di pantai ini. 

Namun, jalan menuju pantai ini cukup sulit. Bagi pengunjung yang membawa mobil disarankan untuk parkir di tempat yang sudah disediakan.

Lalu, menuju pantai dengan berjalan kaki yang lokasinya tak jauh dari area parkir. 

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Nglambor memiliki ciri khas yakni dua batu karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa di bagian depan.

Kura-kura raksasa yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul tersebut berfungsi memecah ombak, sehingga air laut di Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

Jadi, pengunjung tidak perlu takut untuk melakukan snorkeling di Pantai Nglambor.

Bawah laut Pantai Nglambor menyimpan beragam biota laut, ikan hias dan terumbu karang yang cantik. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/05/070300027/13-pantai-di-gunungkidul-yogyakarta-bisa-mampir-saat-libur-lebaran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.