Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menggoyang Angklung di Times Square New York

KOMPAS.com - Sekelompok pemain angklung Indonesia tampak berbaris rapi di tengah Times Square, New York, Amerika Serikat. Tepat di persimpangan jalan yang begitu populer di dunia dan sering menjadi lokasi syuting film-film Hollywood.

Masing-masing dari mereka menggoyangkan angklung di tangannya, bersama sejumlah penari tradisional melenggak-lenggok selaras dengan irama musik yang mengiringi.

Angklung memang sudah diakui sebagai warisan budaya takbenda UNESCO. Namun, pemandangan ini tentu menjadi sesuatu yang unik dan berbeda.

Pertunjukan angklung tersebut dibawakan oleh Tim Muhibah Angklung, yang menggelar flash mob, Rabu (06/07/2022) pukul 13.00 waktu setempat.

Flash mob angklung dilakukan dalam rangka misi budaya di Negeri Paman Sam.

"Flash mob yang Tim Muhibah Angklung lakukan memiliki konsep unik, yaitu dimulai dengan trigger suara angklung yang kemudian diikuti oleh suara angklung lainnya," ujar Ketua Tim Muhibah Angklung Maulana M. Syuhada, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (08/07/2022).

Sejumlah penonton mengaku takjub dengan pertunjukan tersebut karena baru pertama kali melihat flash mob dengan peserta memainkan alat musik dari bambu seperti angklung.

Dengan berbagai tarian nusantara yang ditampilkan, penampilan tersebut terlihat layaknya orkestra musik.

Sebelumnya, Tim Muhibah Angklung juga sudah tampil di Aula KJRI di New York dalam sebuah konser bertema "Angklung Goes to New York".

Konser tersebut juga dihadiri oleh para diplomat berbagai negara, seperti India, Jepang, Kazakhstan, Maroko, Nepal, Filipina, Singapura, Thailand, dan Turki, serta lembaga kebudayaan dan organisasi mahasiswa di New York.

Maulana mengatakan, dalam rangka misi budaya di Amerika Serikat, Tim Muhibah Angklung juga akan melakukan penampilan dari ujung Timur sampai ke Barat Amerika Serikat, mulai dari New York, Washington, Manitowoc, Chicago, Boise, sampai San Francisco.

Di antaranya termasuk mengikuti dua festival folklore internasional, yaitu Magic Valley Folk Festival di Burley, Idaho (18-23 Juli 2022) dan World Folkfest di Springville, Utah (25-31 Juli 2022). 

Agar terpilih menjadi salah satu peserta acara tersebut, Tim Muhibah Angklung mestimenyingkirkan 80 tim lainnya dari seluruh dunia dan menjadi salah satu dari 10 tim yang akan tampil.

Tim ini sebelumnya juga sudah melakukan tiga kali misi budaya pada 2016 dan 2018 di Eropa dan Australia, namun setelah itu sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Di tahun 2020 Tim Muhibah Angklung sudah berencana melakukan misi budaya ke Amerika Serikat, namun rencana tersebut diundur dikarenakan pandemi Covid-19 dan akhirnya dapat terwujud di tahun 2022 ini," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/08/164000827/menggoyang-angklung-di-times-square-new-york

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke