Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengendara Motor Sport Ternyata Harus Turun Saat Isi Bensin, Ini Sebabnya

KOMPAS.com – Bagi sebagian besar pengendara sepeda motor, mereka selalu turun saat mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Itu karena tangki bensin berada di bawah jok motor, sehingga untuk mengisinya harus membuka tutup di bawah jok.

Lantas bagaimana dengan pengendara motor sport yang tangkinya ada di depan jok, sehingga pengendara tidak perlu turun saat hendak mengisi bensin?

Ternyata, mereka tetap harusnya tetap turun saat mengisi bensin, sebagaimana disampaikan Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka bernama Paimin.

“Pengendara motor harus turun dari motor dan memasang standar motornya,” kata Paimin dilansir dari Tribun Travel, Kamis (7/7/2022).

Kenapa pengendara motor harus turun saat isi bensin

Paimin melanjutkan, pengendara motor tetap harus turun dari motor saat mengisi bensin untuk menghindari potensi terjadinya bahaya.

Menurut dia dengan turun dari sepeda motor, maka bahaya terjadinya penyebaran api bisa dihindari jika muncul percikan atau api.

“Ketika ada percikan api di sekitar pengendara atau sepeda motor, maka pemilik cenderung akan panik dan membanting motornya,” ujar Paimin.

Hal itu menurut dia ternyata bisa memperparah terjadinya kebakaran dan malah membuat api makin menyebar.

Apabila terjadi kebakaran saat pengendara turun dari motor dan memasang standar, ia tinggal menyelamatkan dirinya sendiri. Dengan demikian, penanganan kebakaran akan lebih cepat karena api tidak menyebar makin luas.

Pengendara motor pun wajib mematikan mesin saat mengisi bensin karena mesin kendaraan bisa memantik api. Saat terkena uap bensin, maka hal itu bisa memicu kebakaran.

“Panas mesin di sekitar area pengisian sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kebakaran,” tutur Paimin.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/08/190300027/pengendara-motor-sport-ternyata-harus-turun-saat-isi-bensin-ini-sebabnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke