Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Hal Unik yang Bisa Ditemukan di Mesir, Kunjungi Lembah Para Raja

KOMPAS.com - Mesir merupakan salah satu negara paling populer dalam urusan situs-situs arkeologi dan sejarah kuno yang memikat wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Di balik popularitasnya, banyak tempat di Mesir yang memiliki keunikan dan tidak bisa ditemukan di mana pun.

Dilansir dari dari The Travel, Sabtu (16/07/2022), berikut 10 hal menarik yang bisa ditemukan di Mesir dan layak dijadikan referensi petualanganmu.

Dulu terdapat tujuh situs kuno di dunia, namun situs tersebut runtuh satu per satu dan hanya menyisakan Piramida Agung Giza, di Giza Mesir.

Tentunya sangat menakjubkan melihat bagaimana struktur bangunan berusia 4.500 tahun itu masih berdiri kokoh, di saat bangunan lain seusianya sudah runtuh sejak lama.

Penemuan makam Raja Tutankhamen menjelaskan lebih banyak tentang orang Mesir kuno dan bagaimana praktik pemakaman di masa itu.

Pada makam sang raja bahkan ditemukan setumpuk harta karun yang melingkupi perhiasan emas, kereta perang, kursi kerajaan, lukisan, topeng emas yang terbuat dari 22 pon (hampir 10 kilogram) emas, serta ribuan harta benda lain. Menurut orang Mesir, harta-harta tersebut akan membantu perjalanan raja yang sudah meninggal ke alam baka.

Harta karun ini sekarang disimpan di Museum Mesir, Kairo.

Gunung Sinai adalah gunung tempat Musa menerima sepuluh Hukum Taurat Tuhan. Gunung ini juga dikenal dengan nama Jabal Musa dan merupakan tempat populer bagi para peziarah untuk mendaki puncak setinggi 2.285 meter.

Sphinx merupakan makhluk yang disebut dalam mitologi Mesir dan Yunani, sementara Sphinx Agung Giza yang ikonik ini adalah patung dari makhluk mitos yang paling populer.

Patung dengan bentuk tubuh singa dan wajah Firaun Khafra inin berada di dekat piramida besar yang memukau.

Masyarakat Mesir kuno memiliki dewa hampir di segala aspek kehidupan. Mulai dari dewa matahari, dewa Sungai Nil, dewa dunia bawah, dan masih banyak lagi.

Menurut orang Mesir Kuno, dewa-dewa ini memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari dan harus disembah.

Satu hal unik tentang dewa-dewa Mesir adalah perwujudannya yang digambarkan dengan tubuh manusia dengan kepala dari berbagai hewan, seperti elang, sapi, dan serigala.

Orang Mesir kuno menangani pemakaman raja dan orang-orang penting lainnya dengan serius, itulah mengapa mereka menetapkan area khusus, yakni Lembah Para Raja.

Lembah Para Raja berlokasi di Luxor, Mesir dan digunakan sebagai tempat utama untuk pemakaman raja dan para bangsawan hingga lima abad lamanya.

  • Gurun Pasir Putih di Mesir yang Unik dan Indah, Mirip Area Bersalju
  • Masjid Tertua di Mesir, Awalnya Terbuat dari Pohon Palem

Bahkan sebagian besar mayat itu masih bisa dilihat secara jelas saat ini, karena tradisi pengawetan yang berlangsung sangat hati-hati sejak ribuan tahun terakhir.

Gurun Putih adalah salah satu destinasi unik yang patut dijelajahi. Terletak di kawasan depresi geologis Farafra di gurun Sahara, area ini dicirikan oleh formasi batuan yang tampak seperti kapur dan pasir putih.

Kawasan Gurun Putih sekarang ada di bawah perlindungan Taman Nasional Gurun Putih dan menampung beragam jenis satwa liar seperti serigala, kucing pasir, dan berbagai spesies rubah.

Terletak di kaki Gunung Sinai, Biara Santa Katarina dianggap sebagai biara Kristen tertua di dunia yang masih dihuni, karena dibangun antara tahun 548 dan 565.

Biara ini menampung perpustakaan tertua yang masih beroperasi dan beberapa benda penting lain, termasuk lukisan Yesus paling awal yang diketahui.

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia dengan panjang 4.160 mil atau setara 6.650 Kilometer. Meskipun sungai mengalir melewati negara-negara lain, namun deltanya terletak di bagian utara Mesir.

Sejak zaman kuno, sungai ini dan deltanya telah menjadi sumber mata pencaharian penting bagi orang Mesir dan orang-orang sangat menghargainya karena menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengolah makanan.

Kini pengunjung bisa menjelajahi sungai dengan mengikuti pelayaran. Beberapa paket pelayaran yang ditawarkan berlangsung selama tujuh hari.

Ada banyak cara berkomunikasi yang dilakukan oleh orang Mesir. Salah satu yang paling unik adalah Hieroglif. Ini adalah sistem penulisan resmi Mesir Kuno yang ditandai dengan benda-benda dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Hieroglif biasanya berisi gambar burung, binatang, dan bentuk acak lainnya, masing-masing dengan makna yang unik. Meskipun bentuk tulisan dapat ditemukan di banyak bagian dunia, yang paling mengesankan terletak di Mesir dan dapat ditemukan di makam dan kuil di seluruh negeri.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/21/092502127/10-hal-unik-yang-bisa-ditemukan-di-mesir-kunjungi-lembah-para-raja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke