Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

50 Wisata Pantai di Jawa Timur, dari Pacitan sampai Banyuwangi

KOMPAS.com - Ada beragam pantai yang terbentang di sepanjang Provinsi Jawa Timur dengan keunikan masing-masing.

Misalnya, Pantai Plengkung di Banyuwangi memiliki ombak kelas dunia, sedangkan Pantai Watu Ulo di Jember punya batu menyerupai badan seekor ular naga.

Berikut, 50 rekomendasi pantai terbaik di Jawa Timur yang Kompas.com rangkum buat kamu.

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya dari Kabupaten Pacitan sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (25/5/2022), seruling samudera berupa celah batu karang yang sesekali dapat menyemburkan air laut. Saat ombak datang, celah tersebut akan menghasilkan suara seperti seruling yang diiringi dengan bunyi semburan air, sehingga dinamai seruling samudera.

Tepat di belakangnya, berdiri formasi batuan karang yang mirip sphinx, makhluk mitos asal Mesir yang bertubuh singa berkepala manusia, sehingga dijuluki Sphinx van Java.

Pantai Banyu Tibo alias Pantai Air Terjun terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Obyek wisata ini punya dua daya tarik, berupa air terjun dan pantai di satu tempat sekaligus.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (18/12/2018), untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni tangga dari kayu. 

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Daya tariknya berupa pasir putih, laut biru kehijauan, dan pulau karang di sekitarnya. 

Pantai Watu Karung menghadap langsung ke Samudra Hindia, sehingga tinggi ombaknya mencapai lima meter. Gulungan ombak dengan tipe reef break dan tinggi menjadi incaran peselancar, sebagaimana dikutip Kompas.com, Selasa (6/12/2016).

Pantai Buyutan terlihat unik dari ketinggian. Garis pantai dengan pasir putih memanjang berpadu dengan warna air laut, serta perbukitan hijau. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. 

Dikutip Kompas.com, Kamis (13/12/2018), salah satu keunikan pantai ini adalah adanya gugusan batu karang di area lepas pantainya. Karang itu pun punya namanya masing-masing, yakni Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada.

Pantai Kasap berada di Desa Watukarung, Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Kasap dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Pacitan sebab panorama pantai dengan batu-batu karang yang menyerupai pulau, tersebar tidak jauh dari pantai.

Dilaporkan Kompas.com, Selasa (24/5/2022), untuk melihat pemandangan ini, pengunjung harus naik menuju bukit di dekat pantai, tepatnya ke gardu pandang.

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Total ada tiga kawasan pantai pasir putih di Srau ini. Biasanya pengunjung menyebutnya sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3.

Pantai Srau 2 yang berada di bagian tengah merupakan tempat favorit wisatawan untuk bermain air, antara lain karena karena pasirnya lembut dan bebas dari batu-batu yang terbawa ombak, dikutip Kompas.com, Sabtu (15/6/2019).

Pantai Soge berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan 30 kilometer dengan waktu berkendara kira-kira satu jam.

Menurut Kompas.com, Rabu (2/10/2019), meski indah, wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang atau bermain air terlalu ke tengah karena ombak di Pantai Soge cukup besar.

Pantai Watu Bale yang berlokasi di Desa Jetak, Tulakan, Pacitan, ini menyajikan pemandangan batu karang yang mirip dengan bale atau balai dalam Bahasa Indonesia. Pantai tersebut didominasi oleh tebing tinggi dan menjadi salah satu pantai tak berpasir di Indonesia.

Pantai Watu Bale berbatasan langsung dengan laut selatan. Selain menikmati deburan ombak, pengunjung juga bisa menjajal wahana ekstrem berupa jembatan gantung di atas lepas pantai menuju sebuah bukit karang, sebagaiman dikutip Kompas.com, Kamis (18/2/2022).

Pantai Pidakan terletak di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

Tak seperti pantai lain yang berpasir halus, Pantai Pidakan justru dipenuhi bebatuan unik dengan beragam ukuran seperti batu sungai, dikutip Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

Pantai Pancer Door berada di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini menawarkan deburan ombak khas laut selatan yang menjadi incaran para peselancar. Selain itu, wisatawan juga bisa menyantap hidangan laut dan olahraga di trek jogging yang tersedia, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Pantai berpasir coklat ini berada di Desa Mentaraman, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selain ombaknya yang besar, Pantai Jonggring Saloko memiliki fenomena langka berupa watu ngebros, sebab ada semburan air ke udara yang keluar dari kumpulan batu karang besar di bibir pantai, sebagaimana dikutip Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Pantai Ngliyep merupakan pantai berombak besar yang menyuguhkan pemandangan alam berupa perpaduan tebing curam dan hutan lindung. Lokasi pantai berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Meski dilarang berenang di kawasan pantai akibat ombaknya yang besar, namun pengunjung tetap bisa bermain pasir hingga menyaksikan matahari terbenam dari Gunung Kombang, yakni sebuah pulau kecil menjorok ke laut yang ada di dekat pantai, dikutip dari Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Pantai Watu Leter berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

Satu hal yang membuat pantai ini unik adalah perairannya yang dikelilingi oleh pepohonan dan tebing yang dipenuhi semak belukar. Ada juga beberapa gugus pulau kecil. 

Jika beruntung, wisatawan bisa melihat penyu-penyu bertelur di Pantai Watu Leter sembari menikmati jernihnya air laut, sebagaimana dikutip Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat ini kerap disebut mirip dengan Tanah Lot di Bali berkat keberadaan pura di pantai ini.

Dilaporkan Kompas.com, Senin (26/9/2022), pura bernama Pura Luhur Amertha Jati itu berada di Pulau Ismoyo yang terhubung dengan jembatan sepanjang 70 meter dari area pantai.

Pantai Goa Cina terletak di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Daya tariknya adalah tiga pulau yang terdapat di lepas pantai, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Pantai Goa Cina dulunya bernama Pantai Rowo Indah. Konon, sekitar 20 tahun silam ditemukan jenazah etnis Tionghoa serta tulisan China di salah satu gua di sekitar pantai, sehingga nama pantai diubah menjadi Pantai Goa Cina, sebagaimana dikutip Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Pantai Batu Bengkung berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini punya hamparan batu karang raksasa di sekitar pantai.

Dilaporkan Kompas.com, Selasa (29/3/2022) ombak di pantai ini cukup besar, sehingga pengunjung tidak disarankan untuk berenang. Sebagai gantinya, mereka bisa bermain air di cekungan sedalam 1,5 meter yang terletak di tepi pantai. 

Pantai Teluk Asmara kerap dijuluki mirip Raja Ampat lantaran punya topografi yang mirip dengan kepulauan di Papua Barat itu.

Lokasinya berada di Desa Tambakrejo, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pulau-pulau kecil yang bisa dilihat dari ketinggian dengan menaiki anak tangga, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Pantai Nganteb berlokasi di Dusun Sukorejo, Tumpakrejo, Gedangan, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, jarak tempuh menggunakan mobil sekitar 57 kilometer, dengan durasi perjalanan 1 jam 42 menit.

Melansir Kompas.com, Kamis (10/2/2022), peselancar bisa bermain di Pantai Nganteb. Meski ombaknya mungkin tidak sebesar pantai-pantai lain, namun ombak yang ditawarkan dinilai cocok untuk peselancar pemula.

Salah satu pantai di Malang Selatan adalah Pantai Sendang Biru yang berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

Terdapat perahu wisata untuk mengunjungi Pulau Sempu atau berkeliling pantai, dilaporkan Kompas.com, Kamis (10/2/2022). Pilihan perahu yang tersedia di antaranya perahu motor dan perahu dayung.

Sama seperti Pantai Watu Leter, kamu akan melihat gugusan pulau di Pantai Ungapan. Alternatif pantai di Malang Selatan ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang disebut Gunung Getun.

Pantai Ungapan terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, jarak tempuh menggunakan mobil adalah 67 kilometer atau sekitar dua jam. Harga tiketnya Rp 10.000 per orang dikutip Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Lokasi Pantai Bajulmati di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, tak jauh dari Pantai Batu Bengkung, yakni sekitar empat kilometer.

Pantai Bajulmati terkenal akan garis pantai yang panjang, sehingga wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan di tepi pantai. Pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing karang, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (19/2/2022).

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupten Malang.

Pantai yang dibuka sejak pertengahan 2014 ini berada di kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung, Clungup Mangrove Conservation (CMC).

Disebut Pantai Tiga Warna lantaran pantai tersebut bergradasi tiga warna, yakni biru, hijau, dan coklat kemerahan, sebagaimana dilansir Kompas.com, Minggu (24/4/2022).

Pantai Clungup berada dalam satu kawasan dengan Pantai Teluk Asmara, Pantai Goa Cina, dan Pantai Tiga Warna. Uniknya, Pantai Clungup memiliki hutan konservasi bakau, yakni Clungup Mangrove Conservation.

Ombak di Pantai Clungup cukup tenang lantaran pantai ini dilindungi pulau-pulau karang kecil di lepas pantai, dikutip dari Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Pantai Sendiki memiliki hamparan pasir putih di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Ombak di Pantai Sendiki cenderung besar, sehingga wisatawan harus berhati-hati dan tidak diperkenankan berenang di pantai ini, dikutip Kompas.com, Selasa (10/1/2017).

Pantai Lenggoksono yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang, disebut-sebut sebagai surga bagi para peselancar sebab memiliki ombak setinggi dua meter. 

Bagi wisatawan yang tidak berselancar, dapat menikmati keindahan dunia bawah laut dengan bersnorkeling. Ada beberapa lokasi menarik, di antaranya Teluk Kletaan dan Pantai Banyuanjlok, dikutip Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Berlokasi di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Pantai Kedung Tumpang memiliki kolam alami yang terbentuk dari batuan karang, dilansir dari Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Air dalam kolam itu berwarna hijau kebiruan, dengan gradasi kuning jika dilihat dari atas tebing pada waktu-waktu tertentu.

Pantai Kedung Tumpang juga dikelilingi oleh barisan batuan karang. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset dari balik jajaran batuan karang tersebut.

Pantai Coro termasuk pantai yang masih asri di Tulungagung, seperti dikutip dari situs web Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Lokasinya berada di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Selain itu, pantai berpasir putih ini diapit dengan tebing batu yang ditumbuhi pepohonan di atasnya. Wisatawan bisa menikmati panorama sunset (matahari terbenam) dari Pantai Coro.

Pantai Popoh berada di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Menurut Kompas.com, Selasa (29/3/2022), ada dua daya tarik wisata yang bisa ditemukan saat berkunjung ke Pantai Popoh, yaitu teluk dan laut bebas. Keduanya dikelilingi tebing batu karang, sehingga wisatawan dapat menikmati panorama sunset Pantai Popoh dengan latar bukit batu karang tersebut. 

Lokasi Pantai Sine ada di Jalan Pantai Sine, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (7/5/2022), Pantai Sine jadi tempat banyak kegiatan, seperti bermain air, berenang, keliling pantai naik ATV, melihat matahari terbit dan terbenam, serta berbelanja ikan segar.

Pantai Sanggar terkenal dengan pasir putihnya. Berlokasi di Desa jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung, Jawa Timur, Pantai Sanggar berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Tulungagung.

Dikutip dari Tribun Travel, Minggu (2/1/2022), berbeda dengan kebanyakan pantai di Tulungagung, Pantai Sanggar cukup sulit dijangkau karena jalanan yang sempit dan berkelok-kelok, hanya bisa dilalui dengan sepeda motor.

Pantai Molang ada di area Perkebunan, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. 

Wisatawan pencinta trekking wajib mampir ke Pantai Molang. Jalan menuju ke lokasi dinilai cukup ekstrem karena melalui jalan yang cukup curam dan licin, dikutip Kompas.com, Sabtu (7/5/2022). 

Keberadaan Pantai Sioro di Desa Ngerejo, Tulungagung, ini terbilang masih tersembunyi. Hal itu karena letaknya berada di balik ladang jagung dan kebun pisang, sehingga wisatawan hanya bisa naik sepeda motor agar bisa tiba di pantai ini.

Sepeda motornya pun tak sembarangan, hanya jenis motor trail yang dianjurkan untuk digunakan, bukan motor matic, seperti dikutip dari Tribun Surabaya, Senin (12/3/2018).

Pantai Bohay berada di sebelah barat PLTU Paiton Probolinggo, tepatnya di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Jawa Timur. Lokasinya persis di pinggir Jalur Pantura, di sisi utara.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (31/3/2019), kondisi pantai dengan pasir hitam alami dan padat membuat pemandangan yang ditawarkan cukup uni. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati hidangan ikan bakar segar dan air kelapa muda yang dijajakan di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Klatak ada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Keunggulan Pantai Klatak ini ada di Goa Tebing yang akan terlihat saat air laut surut.

Walau Pantai Klatak masih tergolong baru dibuka, namun fasilitasnya cukup lengkap. Ada toilet, tempat ibadah, dan warung-warung penjual makan dan minuman di area pantai ini, dikutip Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

35. Pantai Sidem di Tulungagung

Lokasi Pantai Sidem berada di Dusun Popoh, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. 

Posisinya yang ada di dekat bukit, membuat para wisatawan bisa menikmati panorama pantainya dari ketinggian, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Pantai Ngalur ada di Desa Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Selain bisa menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa menyantap hidangan yang dijajakan di sekitar pantai, dikutip Kompas.com, Sabtu (7/5/2022). Banyak warung makan di pinggir pantai yang menjual makanan laut dengan harga terjangkau. 

Tidak banyak yang tahu jika Banyuwangi memiliki spot ombak yang "garang" untuk surfing kelas dunia yaitu di Pantai Plengkung. Letaknya tersembunyi di tengah Taman Nasional Alas Purwo.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (2/1/2019), pantai yang dikenal dengan nama G Land ini diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan termasuk satu dari tujuh ombak terbaik di dunia yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. 

Pantai Pulau Merah berada di Banyuwangi Selatan, tepatnya di Kecamatan Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Keunikan Pantai Pulau Merah ada pada panorama matahari terbenam (sunset) dengan cahaya kemerahan. 

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (25/5/2022), nama Pantai Pulau Merah diambil dari bukit yang bernama Pulau Merah. Dinamakan Pulau Merah lantaran tanah di bukit setinggi 200 meter tersebut berwarna merah bata.

Pantai Tabuhan berada di Pulau Tabuhan yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Adapun Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil tidak berpenghuni yang berlokasi di Selat Bali.

Luas Pulau Tabuhan berkisar5-6 hektar dengan pemandangan laut, diserta spot snorkeling. Dari pulau ini, wisatawan dapat melihat Kawah Ijen, Gunung Raung, dan Balunara yang berada di sebelah barat pulau, sebagaimana dikutip Kompas.com, Kamis (26/5/2022).

Pantai Sukamade merupakan obyek wisata alam yang berada di kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi. Uniknya, di pantai ini wisatawan bisa melihat penyu bertelur di malam hari.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (27/5/2022), terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di Pantai Sukamade untuk bertelur yakni penyu hijau, penyu lekang, penyu belimbing, dan penyu sisik.

Pantai Kenjeran terletak di Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Pantai ini juga menjadi sandaran kapal nelayan Salah satu obyek wisata terfavorit adalah wisata perahu menuju ke bukit pasir di tengah laut.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat Jembatan Suramadu yang menjadi ikon Surabaya dan Madura secara lebih dekat, dikutip Kompas.com, Rabu (17/8/2022).

Pantai Watu Ulo memiliki pasir yang berwarna hitam dan batu yang memanjang ke lautan. Panjang batu ini yang terlihat adalah sekitar 110 meter dengan lebar sekitar empat meter.

Batu memanjang inilah yang menjadi asal penamaan Watu Ulo pada pantai ini, seperti dikutip Kompas.com, Senin (11/2/2019).

Pantai Papuma terletak di Desa Lolejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma karena letaknya menjorok ke laut.

Salah satu keindahan pantai bisa dilihat dari banyaknya karang. Wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, antara lain berfoto, main ombak, main air, menikmati pantai dari bukit Siti Hinggil, menjelajahi pulau dengan perahu nelayan, serta menikmati hidangan laut, dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Pantai Tampora terletak di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Jarak tempuh Pantai Tampora dari Kota Situbondo 44,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam melalui Jalan Raya Pantura.

Selain duduk-duduk santai, pengunjung juga dapat bermain air di tepi pantai. Jika berkunjung ke Pantai Tempora disarankan untuk membawa bekal makanan agar bisa dinikmati sambil menunggu sunset, dilansir dari Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, punya pantai yang terbilang baru yaitu Pantai Mutiara. Tempat wisata ini berada di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo Trenggalek.

Pantai Mutiara memiliki air laut dan ombak yang tenang. Pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas, mulai dari naik banana boat, hingga keliling dengan perahu nelayan, dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kawasan pantai ini terbentang menjadi sebuah teluk dengan panjang sekitar 10 kilometer.

Ombak Pantai Tambakrejo tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk bermain-main. Uniknya, di sekitar Pantai Tambakrejo ada perkampungan nelayan dengan perahu-perahu di bibir pantai yang menambah keindahan pantai, dilansir dari Kompas.com, Jumat (20/5/2022).

Pantai Kutang berada di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan. Dalam bahasa Jawa, kutang berarti bra. Pantai ini dinamai Pantai Kutang lantaran dulu warga Desa Labuhan sering menemukan kutang berserakan di pantai itu, dikutip Kompas.com, Senin (29/5/2017).

Terlepas dari namanya yang unik, pemandangan alam pantai ini sayang dilewatkan. Pasirnya putih dan ombaknya juga tenang, sehingga dinilai aman untuk anak-anak.

Pantai Dampar yang berada di Dusun Dampar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang ini memiliki pasir hitam. 

Di tempat wisata ini, terdapat danau kecil yang lokasinya tak jauh dari bibir pantai. Setelah bermain-main di pantai, wisatawan bisa lanjut mengarungi danau kecil dengan naik perahu, mengutip Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Pantai yang landai ini cocok dikunjungi anak-anak, mereka bisa bermain pasir atau mencari keong dan ikan kecil saat air surut. 

Aktivitas lainnya yang bisa dicoba di pantai ini adalah berenang, snorkeling, diving, dan memancing, dikutip Kompas.com, Sabtu (21/5/2022).

Pantai Dubibir di Desa Ketah, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, memiliki jogging track yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga.

Ada pula kawasan hutan mangrove dan berbagai spot Instagramable. Tiket masuk ke pantai ini seharga mulai Rp 5.000 per orang, dikutip Kompas.com, Rabu (19/5/2021).

https://travel.kompas.com/read/2022/10/25/173500827/50-wisata-pantai-di-jawa-timur-dari-pacitan-sampai-banyuwangi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke