Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Packing Koper saat Traveling, Jangan Terlalu Banyak Barang

KOMPAS.com - Packing atau berkemas bukanlah yang mudah bagi sebagian besar orang. Terlebih packing untuk bepergian yang harus mengandalkan koper untuk guna menyimpan barang-barang.

Kendala paling umum yang biasa dialami saat packing yaitu kelebihan jumlah barang atau overpacking sehingga barang yang dikemas tidak muat di dalam koper.

  • 6 Tips Packing Koper Saat Travelling agar Pakaian Tidak Kusut
  • 5 Cara Mudah dan Cepat Packing Barang untuk Liburan

Perlu keterampilan khusus dan ketelitian saat packing agar semua barang yang dibawa terasa lebih praktis.

5 Cara packing koper saat traveling

Simak cara packing koper dari laman Tavel and Leisure berikut:

1. Bikin perencanaan isi koper

Perencanaan kegiatan selama bepergian akan menentukan jumlah dan jenis barang yang hendak dimasukkan ke dalam koper.

Oleh karena itu beberapa hari sebelum waktu keberangkatan sebaiknya kamu membuat perencanaan dan mendata barang-barang yang sekiranya diperlukan.

Pendataan barang-barang ini sebaiknya dilakukan sekitar satu minggu sebelum berangkat. Hal ini meminimalisir adanya barang yang terlupakan.

Kamu bisa mulai dengan mendata barang yang diperlukan setiap hari selama bepergian, seperti perlengkapan mandi, baju, pakaian dalam, hingga charger ponsel.

2. Sortir pakaian

Setelah membuat perencanaan barang, kamu perlu memilah kembali barang yang sudah dicatat ke dalam kategori butuh dan ingin.

Langkah ini penting dilakukan guna mengurangi jumlah barang bawaan dan menghindari kelebihan kapasitas barang yang berakhir tidak terpakai nantinya.

3. Pilih metode pengepakan yang tepat

Usai barang-barang disortir, langkah selanjutnya yaitu memasukkan barang bawaan ke dalam koper. Ada dua cara yang dilakukan saat memasukkan pakaian ke dalam koper, yakni dilipat dan digulung.

Khusus untuk pakaian kasual seperti jeans dan atasan katun, sebaiknya dilipat. Sedangkan khusus pakaian berbahan halus dan cenderung kusut, sebaiknya digulung.

Usahakan ruang kosong di dalam koper digunakan seminimal mungkin supaya memberi ruang untuk barang-barang yang lain. Seperi halnya ruang kosong di dalam sepatu, kamu bisa memanfaatkan bagian kosong tersebut untuk meletakkan kaus kaki.

Memberi sedikit ruang kosong pada koper akan memberikan efek besar terhadap susunan barang di dalam koper.

4. Gunakan kantung pakaian

Apabila ingin isi koper terlihat lebih tersusun rapi, kamu bisa memanfaatkan kantung pakaian. Cara ini akan memudahkan kamu dalam mengambil barang saat membuka koper.

Saat menggunakan kantung pakaian di dalam koper, sebaiknya bawa satu kantung kosong untuk pakaian kotor. 

Selain menjaga agar pakaian bersih tidak ikut kotor, kantung pakaian ini bisa memudahkanmu mencari pakaian kotor di dalam koper setelah bepergian.

5. Gunakan wadah kecil untuk perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi adalah barang yang wajib dibawa saat bepergian, khususnya ke lokasi yang tidak menyediakan perlengkapan mandi.

Sekilas, perlengkapan mandi adalah barang yang sederhana, tetapi jika dilihat lebih detail, banyak barang yang dibutuhkan dan cukup mengisi banyak tempat di dalam koper.

Apabila wadah perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, odol, dan conditioner milikmu berukuran besar, kamu bisa memindahkan isiannya ke dalam wadah yang lebih kecil.

Setelah itu, pastikan semua perlengkapan mandi disatukan di dalam satu wadah supaya tidak kesulitan saat mencarinya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/08/140200727/5-cara-packing-koper-saat-traveling-jangan-terlalu-banyak-barang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke