Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Anggaran Kemenparekraf Minus 20 Persen, Bagaimana Nasib Capaian Target Wisatawan?

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, anggaran yang dimiliki oleh kementeriannya kini minus 20 persen.

Padahal, target wisatawan, baik dari dalam ataupun luar negeri di tahun 2023 ini sudah dinaikan.

"Targetnya (tahun 2023) dikali dua (dari target tahun 2022), tapi Anggarannya minus 20 persen," kata Sandiaga dalam acara Indonesia Travel Outlook, Rabu (18/1/2023).

Kendati demikian, Sandi yakin kurangnya anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tidak akan berpengaruh pada upaya pencapaian target wisatawan tahun 2023.

Cara Kemenparekraf capai target wisatawan

Solusinya, pihak Kemenparekraf akan menggandeng beberapa pihak, termasuk stakeholder terkait untuk bekerja sama membantu capaian target wisatawan.

"Kita harapkan mereka akan melihat peluang untuk mendukung beberapa program seperti promosi, pelatihan dalam bingkai kolaborasi," ujar Sandiaga.

Adapun pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2023 sebesar 3,5 juta hingga 7,4 juta.

Sementara. kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) di Indonesia ditargetkan sebesar 1,2 miliar hingga 1,4 miliar pada 2023.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah melalui Kemenparekraf berupaya melakukan sejumlah strategi, salah satunya dengan menambah atraksi wisata.

"Untuk mencapai (target) wisatawan nusantara, caranya dengan memperbanyak jumlah event dan atraksi,” kata Sandiaga.

Strategi lainnya adalah dengan terus mendorong produk wisata baru seperti eco tourism, serta penambahan beberapa produk wisata yang selama ini menurutnya belum dikembangkan secara maksimal.

Sandiaga juga menyebut akan ada penambahan rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Indonesia agar mencapai target kunjungan wisman yang telah ditetapkan.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/19/193100227/anggaran-kemenparekraf-minus-20-persen-bagaimana-nasib-capaian-target

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+