Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Pantai di Yogyakarta, Cocok buat Libur Lebaran 2023 

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu libur Lebaran 2023 di kawasan pantai menjadi kegiatan favorit masyarakat. Jika berada di Yogyakarta, ada beragam pantai yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan teman.

Selain menikmati ombak di tepi pantai, ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti snorkeling, bermain pasir, wisata kuliner seafood, berfoto, melihat sunrise, dan lainnya.

Berikut rekomendasi pantai di Yogyakarta yang cocok buat libur Lebaran 2023 seperti dihimpun Kompas.com

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai populer di Yogyakarta. Pantai ini dikelilingi tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk.

Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai. Lokasinya berada di Desa Parangtritis, Kabupaten Bantul.

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, ada Pantai Parangkusumo. Pantai ini terkenal dengan keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo. Di bukit pasir ini pengunjung bisa mencoba olahraga sandboarding ataupun foto Instagramable.

Karena keindahannya, Pantai Parangkusumo kerap menjadi lokasi foto pre-wedding.

Jika kamu ingin berburu kuliner seafood, cobalah datang ke Pantai Depok. Pantai ini terkenal sebagai tempat makan seafood karena lokasinya berdekatan dengan tempat perlelangan ikan.

Wisatawan bisa menemukan beragam warung seafood di tepi pantai. Sembari menikmati aneka hidangan laut, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai maupun sunset.

Pantai Depok berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Pantai Goa Cemara cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata pantai yang rindang. Di pantai ini, wisatawan bisa menemukan pohon cemara berjajar rapi.

Tak hanya hutan cemara, wisatawan juga bisa menaiki mercusuar setinggi 40 meter yang berada tidak jauh dari Pantai Goa Cemara. Dari atas mercusuar, tersaji pemandangan pantai-pantai di sekitar Goa Cemara, hamparan hutan cemara, dan lautan biru yang indah.

Pantai Goa Cemara berada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai primadona di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. 

Pesona Pantai Indrayanti adalah hamparan pasir putih yang dikelilingi bebatuan karang. Deburan ombak khas pantai selatan menambah keindahan Pantai Indrayanti.

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap mulai dari restoran, penginapan atau homestay, mushala, dan lahan parkir luas.

6. Pantai Drini 

Ciri khas Pantai Drini adalah keberadaan pulau di tengah laut yang membagi pantai tersebut menjadi dua bagian. Sisi barat merupakan tempat sandar perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan dan sebelah timur merupakan lokasi wisata.

Daya tarik Pantai Drini adalah hamparan pasir putih dan deburan deburan ombak yang tenang. Selain itu, terdapat tebing-tebing karang yang mengelilingi kawasan pantai.

Lokasinya berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul

Tak jauh dari Pantai Drini, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Baron. Pantai ini merupakan pertemuan antara laut dan sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Baron.

Ikon Pantai Baron adalah mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang. Pantai Baron diapit dua barisan batu karang yang menambah keindahannya.

8. Pantai Sadranan 

Pantai Sadranan merupakan lokasi snorkeling populer di Yogyakarta. Daya tarik pantai ini adalah bebatuan karang yang berada di tepi pantai. 

Lokasinya berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Karena dikelilingi bebatuan karang, maka Pantai Sadranan memiliki ombak yang landai dibandingkan pantai lainnya di Gunungkidul. Oleh sebab itu, Pantai Sadranan menjadi salah satu pantai favorit di Yogyakarta.

Selain Pantai Sadranan, wisatawan bisa snorkeling di Pantai Nglambor. Lokasinya berada di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. 

Pantai Nglambor memiliki ciri khas yakni dua batu karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa di bagian depan. Kura-kura raksasa yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul tersebut berfungsi memecah ombak sehingga air laut di Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

Tak heran, banyak wisatawan yang memilih snorkeling di Pantai Nglambor.

Pantai Ngobaran sering disebut sebagai pantai rasa Bali di Yogyakarta. Selain keindahan pasir putih dengan latar belakang tebing karang, terdapat bangunan pura dan arca-arca yang semakin membuat nuansa Pulau Dewata semakin kental.

Pura di Pantai Ngobaran bernama Pura Segara Wukir. Pura yang dibangun pada 2006 ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Lokasinya berada di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/22/160500627/10-pantai-di-yogyakarta-cocok-buat-libur-lebaran-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke