Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Naik Bus Macito di Kota Malang, Rute hingga Cara Pesan Tiket

KOMPAS.com - Berkeliling Kota Malang bisa dilakukan dengan menaiki bus Malang City Tour atau Macito yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Bus warna-warni dengan jendela terbuka ini sudah beroperasi sejak Oktober 2022, dengan total keseluruhan lima unit. 

"Kami sediakan lagi bus Macito untuk memenuhi permintaan dan keinginan warga yang ingin keliling jalan-jalan menikmati Kota Malang," ujar Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Malang, Minto Rahardjo, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/4/2023).

Sebagai informasi, kata dia, dulu pada tahun 2014 bus Macito dengan model tingkat dua lantai pernah beroperasi.

Namun, karena satu dan lain hal, operasionalnya dihentikan lalu kemudian kendaraannya dimodifikasi hingga seperti saat ini. 

Panduan naik bus Macito terbaru

Jika tertarik menaiki bus Macito gratis mengelilingi Kota Malang, simak panduan lengkapnya yang sudah Kompas.com rangkum. 

Cara pesan tiket

Untuk naik Macito tidak dikenakan biaya alias gratis.

Namun, penumpang harus memesan tiket melalui aplikasi, sebaiknya beberapa hari sebelum atau bahkan seminggu sebelum keberangkatan, agar tidak kehabisan. 

"Sebaiknya memang pesan di aplikasi dari jauh-jauh hari. Kami beri waktu seminggu untuk pemesanannya," kata Minto. 

Ia juga berpesan agar calon penumpang bisa tertib memesan tiket melalui aplikasi, supaya sesuai dengan sistem dan pendataan dari petugas menjadi lebih mudah. 

Berikut langkah-langkah memesan bus Macito:

Minto mengatakan pihaknya berencana memindahkan titik kumpul dari jalan Majapahit menuju Stadion Gajayana di Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

"Tempat parkir di Jalan Majapahit terbatas, hanya muat tiga sampai empat bus saja. Ke depannya kami sedang mensimulasikan titik kumpul di Stadion Gajayana, nanti akan diinformasikan menyusul," tutur dia. 

Agar tidak tertinggal informasi terbaru mengenai bus Macito, Minto menyarankan warga untuk dapat mengecek melalui media sosial, seperti Instagram @dishubmalangkota.

Berikut jadwal operasional bus Macito:

Senin-Kamis

  • Pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB
  • Terbagi menjadi enam sesi: Trip I (09.00-09.40 WIB), Trip II (9.40-10.20 WIB), Trip III (10.20-11.00 WIB), Trip IV (13.00-13.40 WIB), Trip V (13.40-14.20 WIB), dan Trip VI (14.20-15.00 WIB).

Sabtu-Minggu

  • Pukul 10.00 WIB hingga 17.30 WIB
  • Terbagi menjadi tujuh sesi: Trip I (10.00-10.40 WIB), Trip II (10.40-11.20 WIB), Trip III (13.00-13.40 WIB), Trip IV (13.40-14.20 WIB), Trip V (15.30-16.10 WIB), Trip VI (16.10-16.50 WIB), dan Trip VII (16.50-17.30 WIB). 

"Setiap Jumat kami libur untuk perbaikan dan perawatan," terang Minto. 

Rute bus Macito

Penumpang nantinya akan diajak melewati sejumlah tempat wisata dan ikon Kota Malang selama kurang lebih 25 menit.

Adapun tiap bus dengan warna berbeda memiliki rute perjalanan yang juga berbeda.

Meski, pada dasarnya sama-sama melewati landmark Kota Malang yang populer dan ikonik. 

"Ada perbedaannya sedikit-sedikit saja. Tapi secara umum pasti melewati tempat seperti Alun-alun Tugu, Ijen Boulevard, Kampung Kayutangan Heritage," tutur Minto. 

Dari pengalaman Kompas.com saat naik bus Macito pada Kamis (27/4/2023), bus berwarna lemon atau kuning cerah melewati beberapa titik. 

  • Indahnya Malam di Kayutangan Kota Malang, Bisa Makan di Bangunan Lawas
  • Naik Bus Macito di Malang, Wisatawan Segera Bisa Berfoto di Kampung Heritage Kayutangan

Mulai dari Alun-alun Merdeka atau alun-alun Kota Malang, daerah Kauman, Jalan Ijen, kawasan Oro-Oro Dowo, kawasan Kampung Kayutangan Heritage, dan berakhir di Alun-alun Tugu. 

Di sepanjang perjalanan, terdapat pemandu wisata yang secara detail menjelaskan berbagai informasi atau sejarah seputar tempat-tempat yang dilewati. 

Jika sudah memesan tiket dan menentukan hari serta waktu keberangkatan, calon penumpang tinggal datang menuju titik kumpul bus Macito. 

"Nanti pakai barcode, di-scan di tempat (oleh petugas), bisa dari satu jam sebelum berangkat," ujar Minto. 

Adapun selama Lebaran 2023, pihak bus Macito menyediakan kursi on the spot atau langsung di tempat tanpa aplikasi.

Kursi ini ditujukan bagi pengunjung dari luar kota yang umumnya belum mengetahui pemesanan harus dilakukan melalui aplikasi. 

"Sementara selama lebaran kemaren itu kami mencoba menyediakan yang OTS karena ada tamu-tamu dari luar kota. Tapi nanti kalau udah habis masa lebaran, kita full aplikasi lagi," ujar Minto.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/30/091100827/panduan-naik-bus-macito-di-kota-malang-rute-hingga-cara-pesan-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke