Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sempat Longsor, Jalur Sukatani-Ciganea Sudah Bisa Dilewati Kereta Api

KOMPAS.com - Jalur kereta api antara Stasiun Ciganea dengan Stasiun Sukatani yang sempat dilanda longsor pada Jumat (5/5/2023) malam, sudah berhasil diperbaiki, berdasarkan pengumuman dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero).

"Berkat kerja sama dari semua pihak, KAI berhasil memperbaiki jalur rel yang sebelumnya tidak dapat beroperasi akibat longsor di wilayah petak jalan antara Stasiun Ciganea-Stasiun Sukatani (Km 111+100, Kabupaten Purwakarta)," terang VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Sabtu (6/5/2023).

  • KAI Tebar Diskon Tiket Kereta Api hingga 20 Persen, Ini Daftarnya
  • Bisakah Naik Kereta Api Tanpa KTP?

Dengan begitu, Sabtu (6/5/2023) pagi tadi, sejumlah perjalanan dari kereta api relasi Jakarta-Bandung pergi-pulang (PP) yang melintas di wilayah Ciganea-Sukatani sudah bisa melintas, namun dengan kecepatan terbatas.

"Pada Sabtu pagi ini, perjalanan kereta api yang melintasi jalur Sukatani-Ciganea sudah kembali beroperasi dan dapat dilalui dengan pembatasan kecepatan, pasca-bencana longsor di KM111+100, Kabupaten Purwakarta-Jawa Barat pada Jumat malam (5/5/2023)," tuturnya.

Adapun kereta api pertama yang melintasi jalur ini adalah Kereta Api (KA) Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir pada pukul 06.36 WIB.

Selanjutnya ada kereta berikutnya, KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung yang melintas pada pukul 07.02 WIB.

  • Bisakah Naik Kereta Api Tanpa Vaksin Booster?
  • Perbedaan Sub Kelas Kereta Api, Harga Termurah pada Huruf P dan Z

Kedua kereta api berjalan di jalur hulu lantaran jalur hilir masih dalam proses pembersihan material longsor.

"Kami saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan jalur KA di lokasi tersebut sehingga dapat dilalui KA dengan kecepatan normal," tambah Joni.

Sejumlah perbaikan jalur rel yang dimaksud ialah dengan memperkuat tubuh jalan rel serta pembersihan eks material longsor yang terus dilaksanakan dengan melibatkan puluhan petugas jalan rel KAI Daop 2 Bandung.

Sebelumnya, pada Jumat (5/5/2023), dilaporkan telah terjadi bencana longsor di tiga titik pada petak jalan.

Tepatnya di petak jalan rel kilometer 111+000 sampai dengan kilometer 111+400 (Ciganea-Sukatani) yang mengakibatkan jalur kereta tidak dapat dilewati.

Longsor di sejumlah titik tersebut terjadi setelah sebelumnya terjadi curah hujan yang tinggi di daerah tersebut sejak jumat sore hari.

Akibatnya, sejumlah prasarana terdampak longsoran tersebut. Untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, KAI melakukan sejumlah langkah perbaikan pada jalur rel yang terkena dampak longsor tersebut.

  • Perbedaan Kelas Kereta Api dan Fasilitasnya, Cek Sebelum Beli Tiket  
  • Kenali Tipe Kereta Api Ekonomi dan Perbedaannya  

Selain itu, guna pelayanan kepada para penumpang KA yang melalui relasi Purwakarta-Bandung PP pada jumat malam, KAI juga melaksanakan pola operasi over stapen (berpindah perjalanannya sebagian atau seluruhnya) dengan memakai moda angkutan lain.

Total ada sembilan perjalanan yang melintas di wilayah Ciganea-Sukatani menggalami gangguan operasional akibat kejadian ini.

"KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan KA yang terganggu perjalanannya akibat longsoran yang terjadi di antara Stasiun Sukatani dan Stasiun Ciganea," ucap Joni.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/06/135639927/sempat-longsor-jalur-sukatani-ciganea-sudah-bisa-dilewati-kereta-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke