Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Liburan di Ciwidey yang Instagramable, Bisa Glamping 

KOMPAS.com - Mengisi waktu liburan sekolah dengan berkunjung ke Ciwidey, Kabupaten Bandung bisa menjadi pilihan menarik. Ada beragam destinasi wisata instagramable yang bisa kamu kunjungi, mulai dari kawah, bukit, eduwisata, dan wahana luar ruangan (outdoor). 

Ciwidey juga punya sejumlah tempat glamour camping (glamping) yang instagramable. Tempat liburan di Ciwidey tersebut cocok untuk anak-anak hingga dewasa. 

  • Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan ke Kawah Putih Ciwidey Naik 44 Persen
  • Happy Farm Ciwidey, Bisa Main di Taman Satwa hingga Berkuda

Tempat liburan di Ciwidey 

Kompas.com merangkum rekomendasi tempat liburan di Ciwidey sebagai berikut.

Ranca Upas sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu lantaran sebagian rumput dirusak para pengguna motor trail. Namun, kini tempat penangkaran rusa itu sudah kembali menghijau setelah dilakukan penanaman tumbuhan kembali.

Selain penangkaran rusa, Ranca Upas juga memiliki bumi perkembahan, fasilitas outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Lokasinya berada di ketinggian 1.700 mdpl, sehingga membuat suhu udara di sana dingin, yakni sekitar 17-20 derajat celcius.

Jika kamu ingin mengisi waktu libur dengan berkemah di Ranca Upas, lokasinya ada di Jalan Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kawah Putih sangat identik dengan kawasan Ciwidey. Mengutip Kompas.com (27/09/2021), Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Sesuai namanya, daya tarik Kawah Putih adalah danau dengan air berwarna putih kehijauan. Jika berkunjung ke Kawah Putih, kamu bisa foto di sejumlah spot Instagramable seperti dermaga kayu dan jembatan bambu bernama Skywalk Cantigi.

Selain itu, kamu bisa melihat panorama sunrise dari Sunan Ibu, yakni bukit di sekitar Kawah Putih.

Tempat liburan di Ciwidey yang satu ini cocok buat anak-anak. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak di alam terbuka.

Mengutip Kompas.com (6/1/2023), anak-anak bisa memberi makan ternak di mini zoo, dan berkuda. Happy Farm juga memiliki spot foto dengan begron pemandangan alam.

Alamat Happy Farm berada di Jalan Raya Ciwidey Km 33,7, Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Harga tiket masuk Happy Farm Ciwidey cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 per orang.

Kawasan Ciwidey memiliki sejumlah tempat glamping dengan desain yang Instagramable. Salah satunya adalah Glamping Legok Kondang.

Glamping ini menawarkan sensasi menginap di pondok tepi pantai. Beberapa kamar di Glamping Legok Kondang menghadap langsung ke kolam renang.

Saat membuka pintu, wisatawan akan disuguhi pemandangan bukit dan pepohonan hijau. Sejumlah fasilitas di Glamping Legok Kondang seperti kamar mandi pribadi, WiFi, televisi, balkon, dan tempat api unggun. 

Harga menginap di Glamping Legok Kondang bervariasi bergantung pada tipenya, mulai dari Rp 1 juta-an per malam.  Lokasinya ada di Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Ciwidey, Bandung.

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey termasuk salah satu destinasi wisata baru di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisata alam ini baru dibuka pada 2020 lalu, seperti dikutip dari Kompas.com (25/01/2022). 

Nama Bukit Jamur diambil dari pohon cemara di sekitar lokasi yang daunnya dibentuk menyerupai jamur. Beberapa pohon cemara tersebut memiliki pohon yang pendek, serta tampak berjajar rapi di sekitar lokasi wisata.

Panorama pohon cemara yang dibentuk menyerupai jamur tersebut merupakan spot foto favorit para pengunjung.

Selain pepohonan cemara, pilihan spot foto menarik lainnya adalah kebun teh. Kamu bisa menyusuri kebun teh melalui jembatan kayu di atasnya. Bukit Jamur Ciwidey berada di Desa Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung

6. Glamping Lakeside 

Pilihan glamping di Ciwidey lainnya adalah Glamping Lakeside. Sesuai namanya, glamping ini berada di kawasan Situ Patenggang.

Jadi, kamu bisa glamping di tepian danau dengan panorama yang menawan. Ada berbagai tipe glamping yang ditawarkan mulai dari Rp 1,5 juta per malam.

Selain glamping, kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh dan mengunjungi restoran berbentuk kapal phinisi. Restoran phinisi ini bisa jadi spot foto Instagramable.

Glamping Lakeside Rancabali berada di Jalan Raya Ciwidey - Patengan, Situ Patengan, Rancabali, Bandung.

Mencari pemandian air panas alami di Ciwidey? Kamu bisa datang ke  Hot Spring Waterpark.

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman bermain di waterpark dengan aneka wahana. Menariknya, air di waterpark ini diambil dari sumber air panas alami sehingga anak-anak tidak akan kedinginan.

Setelah puas bermain wahana air, kamu bisa menginap di resort yang berada dalam satu kawasan. Mengutip dari situs Ciwidey Valley, terdapat tiga akomodasi pilihan bagi tamu, yakni hotel, camping, glamping, dan cottage.

Semua penginapan tersebut berada di kawasan lembah Ciwidey yang memiliki udara sejuk. Desain bangunan hotel hingga cottage didominasi kayu sehingga menguatkan unsur alam. Lokasinya berada di Jalan Barutunggul KM. 17 Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Tempat liburan di Ciwidey yang satu ini menawarkan pengalaman bertualangan di alam terbuka. D’Riam Riverside memiliki sejumlah wahana wisata alam dan kegiatan outdoor.

Mengutip situs Driam Riverside, wahana wisata alam tersebut antara lain tenda gantung, ayunan di alam terbuka, dan river tubing. Kamu juga bisa menjajal aktivitas outdoor lainnya seperti offroad dan panahan.

Lokasinya berada di Jalan Raya Soreang, Ciwidey KM 25, Kabupaten Bandung.

Jika mencari tempat wisata hits di Ciwidey, jangan lupa mampir ke Jembatan Gantung Rengganis (Rengganis Suspension Bridge). Alamatnya berada di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Jembatan ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang jembatan 370 meter dan menggantung di ketinggian 75 meter.

Pengunjung akan dilengkapi tali pengaman yang terikat dengan sling baja saat melintasi Jembatan Gantung Rengganis. Selain itu, pengelola juga membatasi maksimal 70 orang sekali melintas.

Barusen Hills menawarkan paket wisata komplit dalam satu kawasan. Lokasinya berada di Gambung Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Wisatawan bisa mengabadikan momen di berbagai spot selfie yang Instagramable.Salah satu spot favorit pengunjung adalah taman bunga yang berbentuk simbol love, bernama Barusen Garden.

Fasilitas lainnya adalah wahana bermain anak, kolam renang, kantin, dan lainnya. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, Barusen Hills menawarkan beberapa macam penginapan mulai dari camping, glamping, cottage, dan vila.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/30/093300927/10-tempat-liburan-di-ciwidey-yang-instagramable-bisa-glamping-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke