Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Cuma Baca Buku, Ini 5 Aktivitas Seru di Perpustakaan Nasional

KOMPAS.com - Jika bicara mengenai perpustakaan, tentu tidak lepas dari kegiatan belajar ataupun membaca buku.

Akan tetapi, lain halnya dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia di Jakarta Pusat. Di Perpusnas, pengunjung bisa mencoba beragam aktivitas selain membaca buku.

  • Perpustakan Nasional RI: Jam Buka dan Syarat Berkunjung Terbaru
  • Apa Masuk Perpustakaan Nasional Perlu Bayar?

Saat berkunjung ke Perpusnas pada Kamis (25/5/2023), Kompas.com merangkum beberapa aktivitas yang patut untuk dicoba selain membaca buku.

Di Perpusnas terdapat ruangan khusus untuk nonton film yakni di ruang audio visual di lantai 8.

"Di sini pengunjung tinggal cari film di rak, lalu bawa film ke sini (ke meja petugas) untuk diperiksa. Setelah itu bisa lanjut nonton di komputer yang sudah disediakan," kata petugas Perpusnas lantai 8, Handa saat ditemui oleh Kompas.com di lokasi, Kamis (25/5/2023).

Ada beragam film yang tersedia di Perpusnas, mulai dari film dokumenter, fantasi, kartun, pop, hingga film lawas.

"Biasanya ramai saat libur sekolah, anak-anak suka nonton film di sini," kata Handa.

Perpusnas punya banyak spot yang memadai untuk jadi lokasi bekerja ataupun mengerjakan tugas.

Selain menyediakan kursi dan meja, Perpusnas juga memiliki sejumlah colokan (steker), ditambah dengan fasilitas internet gratis di setiap lantai.

Jika pengunjung ingin bekerja ataupun belajar di Perpusnas sampai malam hari, sebaiknya pilih working space yang ada di lantai 19. Selain ruangannya lebih luas, working space di lantai 19 juga beroperasi sampai pukul 21.00 WIB.

Namun, perlu diingat bahwa setiap pengunjung Perpusnas tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman ke dalam ruangan. Jika lapar, pengunjung bisa turun ke lantai 4 dan membeli makanan dan minuman di area kantin.

Area kantin Perpusnas berada di lantai 4, tepatnya di sebelah ruang pameran.

Di lantai ini, pengunjung bisa memilih beragam makanan, seperti soto, nasi ayam, gado-gado, dan bakso. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan di kantin Perpusnas dibanderol mulai dari Rp 20.000.

Jika hendak berbelanja, sebaiknya pengunjung menyiapkan uang tunai ataupun uang elektronik khusus Bank Mandiri untuk membayar di kasir.

Perpustakaan Nasional diklaim sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat pemandangan Jakarta dari lantai paling atas, tepatnya di lantai 24.

Jika ingin melihat pemandangan di lantai 24, pengunjung harus memiliki kartu anggota perpustakaan terlebih dahulu untuk akses masuk.

Pemandangan Kota Jakarta nampak lebih indah saat malam hari. Maka dari itu sebaiknya pengunjung datang ke Perpus mulai sore hari.

Di lantai 1 Perpusnas terdapat kafe yang bisa dikunjungi, lokasinya di dekat pintu keluar lantai 1.

Untuk diketahui, ruangan kafe di Perpusnas termasuk kecil. Oleh sebab itu, bila ingin nongkrong, sebaiknya jangan datang saat jam makan siang supaya tidak terlalu ramai.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/30/200619227/tak-cuma-baca-buku-ini-5-aktivitas-seru-di-perpustakaan-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke