Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengalaman Cari Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, Banyak Pilihan

KOMPAS.com - Produk oleh-oleh haji dan umrah tidak hanya bisa dibeli di tempat asalnya yaitu Arab Saudi.

Warga Jabodetabek bisa belanja oleh-oleh dari Tanah Suci di salah satu pusat grosir Pasar Tanah Abang yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Kawasan pasar yang sudah berdiri sejak tahun 1735 ini tidak hanya memiliki ribuan kios tekstil, tetapi juga aneka toko yang menjual kurma hingga air zam-zam.

Soal harga dan kualitas, rata-rata penjual menjamin bahwa kualitas produk mereka adalah yang terbaik dan asli diimpor dari Arab Saudi. Harganya pun juga bersaing antar toko, tentu saja jauh lebih murah jika beli banyak.

Kompas.com tertarik untuk mencari oleh-oleh haji dan umrah yang ditawarkan oleh para pedagang di Pasar Tanah Abang.

Pada Rabu (7/6/2023) menjelang siang, Kompas.com pun berangkat menuju Pasar Tanah Abang. Setelah menaiki MRT turun di Stasiun Bendungan Hilir (Benhil), perjalanan berlanjut menaiki angkot JP03 (Benhil-Roxy), lalu berhenti tepat di area pasar.

  • Tempat Beli Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, di Mana Lokasinya?

Siang itu sekitar pukul 13.30 WIB, kawasan pasar nampak cukup ramai. Pedagang asongan dan kuli pasar berseliweran, para pembeli yang didominasi ibu-ibu juga terlihat sibuk membawa belanjaan.

Selain beberapa bangunan utama Pasar Tanah Abang, ada juga beberapa kios dan ruko yang tersebar di sekelilingnya. Ini membuat suasana pasar semakin padat.

Angkot JP03 turun tidak jauh dari Masjid Jami’ Al Ma’mur Tanah Abang. Berjalan sedikit, rupanya sudah terlihat deretan toko oleh-oleh haji dan umrah yang berada di gedung Blok C2.

Jumlah toko di deretan Blok C2 ini lebih dari enam buah dalam satu lantai. Ukuran bangunannya rata-rata besar, bersih, dan memang baru sehingga terlihat nyaman. Posisinya persis di sebelah jalan besar, sehingga pengunjung tidak perlu berdesakan dan repot berjalan jauh.

Usai bertanya kepada petugas dan pedagang, rata-rata mengatakan bahwa toko oleh-oleh haji dan umrah di Pasar Tanah Abang banyak ditemukan di area Blok C dan Blok F.

Kompas.com pun menyusuri satu demi satu toko yang ada di deretan Blok C2 dan Blok C yang ternyata letaknya bersebelahan.

Jika toko-toko di bangunan Blok C2 baru berdiri sejak 2022, kios-kios di Blok C sudah agak lebih lama berdiri. Namun, kualitas barang, harga, dan kenyamanan toko relatif sama.

Beberapa produk yang bisa ditemukan antara lain aneka jenis kurma mulai Rp 50.000-Rp 350.000 per kilogram, sajadah Turki mulai Rp 60.000-Rp 70.000, minyak zaitun mulai Rp 35.000, kismis mulai Rp 70.000 per kilogram, coklat Turki mulai Rp 80.000 per kilogram, air zam-zam mulai Rp 550.000 per lima liter, hingga teko dan dupa mulai Rp 35.000.

Harga produk ini masih bisa ditawar hingga menjadi lebih murah Rp 5.000-Rp 20.000 jika pengunjung membeli dalam jumlah besar.

Mencari oleh-oleh haji di Blok F

Sekitar pukul 15.00 WIB, usai puas berburu oleh-oleh haji di Blok C2 dan C, Kompas.com berpindah menuju Blok F.

Kios-kios oleh-oleh haji di Blok F bergabung menjadi satu dengan kios tekstil lainnya. Mereka berada di lantai dasar bangunan Blok F yang berwarna oranye.

Dari Blok C, kamu bisa berjalan sekitar 700 meter untuk menuju Blok F. Caranya bisa menyebrang melalui Blok B ataupun berjalan dari luar.

Setelah tiba di kawasan Blok F, suasana pasar akan terlihat semakin ramai. Wajar saja, di sini banyak penjual aneka ragam tekstil mulai dari jilbab, pakaian perempuan, pakaian anak, sprei, handuk, hingga pakaian muslim dan mukena.

Kamu dapat menemukan toko oleh-oleh haji dan umrah yang lokasinya cukup tersebar.

Meski lebih padat dan perlu waktu serta tenaga ekstra, pengunjung akan bisa memperoleh produk oleh-oleh haji dan umrah dengan harga lebih miring di Blok F. Secara umum, lebih murah Rp 5.000-Rp 15.000 daripada di blok lain.

Untuk kualitasnya, dari hasil pantauan Kompas.com, juga tidak berbeda jauh. Mereka juga mengklaim produknya asli dan diimpor langsung dari Adab Saudi.

Dari segi jenis produk yang dijual, lagi-lagi cukup sama dengan yang ada di beberapa blok lainnya. Aneka kurma, coklat turki, kismis, kacang, air zam-zam, henna, sajadah, zaitun, hingga madu tersedia.

Selain beberapa blok sebelumnya, menurut penjual ada juga satu-dua toko oleh-oleh haji dan umrah di Blok A serta Blok B Pasar Tanah Abang.

Namun, mayoritas toko di Pasar Tanah Abang tutup pukul 16.00 WIB setelah buka dari pukul 06.00 WIB. Oleh sebab itu, karena keterbatasan waktu, Kompas.com pun menyudahi perjalanan sore hari itu.

Sedikit tips, usahakan datang pagi atau siang dan jangan kesorean, agar kamu bisa lebih puas memilih barang sehingga bisa mendapatkan kualitas dan harga terbaik.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/11/103813727/pengalaman-cari-oleh-oleh-haji-di-pasar-tanah-abang-banyak-pilihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke