Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Masuk Singapura 2023, Bebas Karantina dan Tes Covid-19

KOMPAS.com - Bila berencana liburan ke Singapura, kamu diimbau mengetahui syarat terkini berkunjung ke Negeri Singa ini 

Berdasarkan laman resmi Visit Singapore, saat ini masuk Singapura sudah bebas karantina atau tes Covid-19, tanpa memandang status vaksinasi individu.

  • Masuk Singapura Tetap Wajib Isi SG Arrival Card
  • Cara Isi SG Arrival Card, Salah Satu Syarat Masuk Singapura

"Mulai 13 Februari, seluruh pelaku perjalanan dapat memasuki Singapura tanpa perlu persetujuan masuk, tes sebelum keberangkatan, tes saat kedatangan, karantina, dan asuransi perjalanan Covid-19," bunyi keterangan dari laman tersebut, dikutip Rabu (5/7/2023).

Wisatawan dari Indonesia juga bisa memanfaatkan jalur otomatis saat kedatangan untuk pemeriksaan imigrasi di sejumlah titik masuk melalui Automated Clearance Initiative, antara lain di terminal Bandara Changi, Woodlands Checkpoint, and Tuas Checkpoint.

Setelah dapat tiket pesawat ke Singapura, jangan lupa mengajukan SG Arrival Card dan deklarasi e-health secara gratis di situs web Immigration & Checkpoints Authority (ICA).

Berikut rincian syarat memakai masker dan makan di tempat (dine-in) di Singapura:

  • Masker

Masker tidak perlu dipakai saat naik transportasi umum, serta saat berada di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor).

Namun, ketika berada di fasilitas perawatan kesehatan, tetaplah pakai masker saat berinteraksi dengan pasien.

Tidak hanya itu, maskapai penerbangan menerapkan aturan pemakaian masker yang berbeda-beda sehingga kamu bisa mengecek laman resminya terlebih dahulu.

  • Makan di tempat

Pelaku perjalanan sudah diizinkan untuk makan di tempat, termasuk di restoran, pusat jajanan kaki lima (hawker center), dan kedai kopi.

Kementerian Kesehatan Singapura telah merilis beberapa panduan penting yang harus diikuti jika pelaku perjalanan merasa tidak sehat, menunjukkan gejala Covid-19, atau dinyatakan positif saat berada di Singapura.

Pelaku perjalanan yang merasa tidak sehat atau memperoleh hasil positif Covid-19 perlu menerima penanganan medis jika memenuhi salah satu kriteria berikut:

Jika mengalami gejala infeksi saluran pernapasan ringan, sebaiknya tetap tinggal di rumah sampai gejala hilang.

Apabila seseorang harus keluar rumah saat mengalami gejala atau jika positif Covid-19 tanpa gejala, lakukan hal berikut:

https://travel.kompas.com/read/2023/07/05/091710727/syarat-masuk-singapura-2023-bebas-karantina-dan-tes-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke