Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bromo Ditutup Total, Pelaku Wisata Tawarkan Opsi Offroad di Batu

KOMPAS.com - Penutupan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur, selama beberapa hari akibat kebakaran yang tak kunjung padam sejak Rabu (6/9/2023), membuat para pelaku wisata di sekitarnya mencari alternatif untuk bertahan. 

Seperti disampaikan salah seolah penyedia wisata tur Bromo di Kota Malang sekaligus anggota pengemudi jip bernama Alap.

  • Cerita Pelaku Wisata Bromo Pasca-tutup Total, Sepi Pengunjung hingga Minta Reschedule
  • Wisata Gunung Bromo Ditutup, Seruni Point Bisa Jadi Alternatif

Pihaknya telah menerima cukup banyak pemesanan paket wisata, yang beberapa di antara wisatawan tersebut sudah tiba di Malang. Lantaran sudah tidak keburu menjadwal ulang, ia terpaksa mengalihkan program ke Kota Batu. 

"Kalau yang sudah terlanjur booking (memesan) hotel dan outing-nya sudah ke Malang, enggak bisa reschedule (penjadwalan ulang), kami ganti programnya ke outbound dan off-road di Kota Batu," ujar Alap saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Adapun beberapa wisatawan lain, kata dia, yang belum akan datang dalam waktu dekat umumnya melakukan penjadwalan ulang. Ada juga yang membatalkan dan meminta pengembalian uang muka (DP). 

Sebab, sebelum terjadi kejadian kebakaran hingga berhari-hari, timnya telah memiliki beberapa jadwal paket wisata yang sudah terpesan. 

"Cukup banyak planning atau jadwal yang udah masuk di tanggal-tanggal Bromo tutup saat ini. Banyak klien kalau ditotal sekitar 300 orang lebih untuk beberapa hari. Beberapa reshedule, ada yang cancel (batal), ada juga yang ganti program off-road," jelasnya.

Lebih lanjut, Alap menyampaikan, pihaknya juga memberikan alternatif rencana pada beberapa wisatawan yang sudah memesan untuk keberangkatan pada akhir tahun. 

"Untuk klien banyak yang sudah booking sampai Desember. Nanti plan (rencana) A sama plan B-nya seperti apa nanti kami bahas dengan kliennya," tutur dia. 

Tidak jauh berbeda, pengemudi jip wisata Bromo bernama Fendi mengatakan, dirinya mengalami kekurangan jumlah pengunjung.

Tak hanya itu, jasa pengantaran ke lokasi wisata yang ia tawarkan juga berkurang. Dari yang sebelumnya ada beberapa tempat, seperti Bukit Teletubbies, Penanjakan, dan Pasir Berbisik, saat ini wisatawan hanya bisa diantar oleh jip ke Seruni Point. 

Sebagai informasi, Seruni Point yang ada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, merupakan wisata di luar kawasan TNBTS. Selain cukup jauh dari lokasi kebakaran, area ini juga dikelola oleh warga.

"Jadi sekarang yang bawa jip macet (pendapatannya). Karena hanya ke sunrise point-nya saja, biasanya kan full lokasi. Jadi pendapatan juga separuhnya saja," terang dia. 

Fendi melanjutkan, jika biasanya wisatawan membayar sekitar Rp 750.000 untuk beberapa tempat, kini ia hanya mendapatkan pemasukan setengahnya yaitu sekitar Rp 300.000 untuk satu trip (perjalanan).

Namun, hal ini masih disyukuri Fendi karena mengemudi jip wisata merupakan satu-satunya mata pencaharian yang ia andalkan. 

Fendi mengatakan, banyak pelaku wisata lainnya terutama penjual warung dan jasa penyewaan kuda, yang saat ini benar-benar terdampak.

"(Kalau jip) masih bisa ke Seruni Point lihat sunrise (matahari terbit)-nya. Tapi warung-warung di lautan pasir itu terdampak banget, karena enggak bisa turun. Sama (penyewaan) kuda juga kena," tuturnya.

Kendati sudah beberapa hari, kedua pelaku wisata di Bromo tersebut mengaku belum mencari alternatif pendapatan lain. Selain memantau situasi, beberapa pelaku wisata juga terus membantu pemadaman. 

"Masih pada fokus memadamkan api, belum ada mencari alternatif kerjaan lain," ujar Alap. 

Hal yang sama juga disetujui oleh Fendi. Ia menyebut dirinya masih menunggu perkembangan dari pihak Balai Besar TNBTS. Jika nantinya wisata Bromo belum akan dibuka dalam waktu dekat, barulah ia akan mencari alternatif pekerjaan lain. 

"Belum nyari alternatif lain, lihat perkembangan saja tunggu dari atas (Balai Besar TNBTS). Kalau misalnya lama, baru cari alternatif lain kayak pas Covid dulu itu," kata Fendi. 

  • Wisata Gunung Bromo Tutup Total Akibat Kebakaran, Berikut Kronologinya
  • Kebakaran di Gunung Bromo Dipicu Foto Prewedding Pakai Flare

Selain berharap situasi Bromo cepat pulih, keduanya berpesan agar bencana serupa terutama yang dipicu oleh wisatawan agar tidak terulang kembali. 

"Untuk pengunjung, harus mengerti sendiri, mau pre-wedding ya enggak apa-apa, tapi jangan merusak alam. Kalau begini bukan saya saja yang rugi, tapi semuanya rugi, travel-travel, pengusaha di sekitar," tutur Fendi. 

Alap melanjutkan, kejadian kebakaran gunung dan hutan karena ulah wisatawan yang kurang bijak sudah sering terjadi. 

"Pengunjung semoga lebih bijak lagi. Harapannya juga agar Bromo cepat pulih kembali, dan teman-teman di lapangan diberi kekuatan dan kesehatan untuk membantu, karena Bromo penyokong ribuan orang mencari nafkah," pungkasnya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/09/12/193209227/bromo-ditutup-total-pelaku-wisata-tawarkan-opsi-offroad-di-batu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke