Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Sawah Sumber Gempong Mojokerto, Ada Mata Air Tak Pernah Kering 

KOMPAS.com - Berbekal kreativitas, warga Desa Ketapanrame, Mojokerto menyulap sawah menjadi destinasi wisata menarik. Adalah wisata Sawah Sumber Gempong yang berada di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Sawah Sumber Gempong berada di kaki Gunung Penanggungan yang berada di Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, melansir dari situs Desa Ketapanrame. Tidak heran jika kawasan wisata Sumber Gempong memiliki udara sejuk.

  • Desa Ketapanrame di Mojokerto Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
  • Wisata Bukit Kayoe Putih Mojokerto: Jam Buka, Harga Tike, dan Rute

Selain udara sejuk, wisata Sawah Sumber Gempong memiliki banyak potensi wisata alam, sehingga menjadi hidden gem di Mojokerto. Destinasi wisata ini menjadi pilihan tepat untuk pengunjung yang suka bertualang di alam bebas.

Penasaran dengan daya tarik wisata Sawah Sumber Gempong Mojokerto? Simak ulasannya berikut ini.

Meskipun namanya wisata Sawah Sumber Gempong, namun ada banyak atraksi wisata yang dapat dikunjungi. Selain hamparan sawah hijau, ikon wisata Sawah Sumber Gempong adalah keberadaan sumber mata air yang jernih, berdasarkan informasi dari situs Desa Ketapanrame.

Bahkan, sumber mata air ini tidak pernah kering meskipun musim kemarau, seperti dikutip dari situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf.

Lokasi sumber mata air tersebut, dekat dengan area persawahan. Jadi, wisatawan bisa berendam atau berenang di sumber mata air alami itu sambil menikmati udara sejuk dan panorama hamparan sawah serta Gunung Penanggungan.

Wahana di Sawah Sumber Gempong 

Selain sumber mata air yang jernih, ada beragam wahana menarik yang bisa dijumpai di wisata Sawah Sumber Gempong. Berikut daftarnya berdasarkan informasi dari situs Desa Ketapanrame dan Jadesta Kemenparekraf.

1. Wahana permainan 

Pengunjung bisa menikmati sejumlah wahana permainan di wisata Sawah Sumber Gempong. Meliputi, ATV, sepeda air, sepeda layang, berkuda, dan bianglala mini.

Pengunjung juga bisa mengikuti wisata edukasi seperti menanam padi dan membajak sawah.

2. Area camping 

Wisatawan juga bisa bermalam di kawasan wisata Sawah Sumber Gempong di area camping yang tersedia. Pada malam hari, wisatawan bisa menikmati suasana yang tanang dan damai, hanya terdengar suara katak dan hewan sawah.

Saat bangun di pagi hari, wisatawan akan disambut dengan panorama alam yang indah. Selain bermalam di area camping, Desa Ketapanrame juga menyediakan sejumlah homestay.

  • Pendakian Bukit Semar di Mojokerto Dibuka, Harga Tiket Rp 5.000
  • 12 Aturan Berkunjung ke Petirtaan Jolotundo, Candi dengan Kolam Pemandian di Mojokerto

3. Wisata budaya 

Selain wisata Sawah Sumber Gempong, Desa Ketapanrame juga mempunyai sejumlah wisata budaya. Meliputi, pencak silat dan bantengan, gamelan, dan Tari Mayang Rontek, berdasarkan informasi dari situs Jadesta Kemenparekraf.

Wisatawan bisa menyaksikan semua kesenian tradisional tersebut. Adapun daya tarik kesenian bantengan adalah ada salah satu pemain pemegang kepala banteng yang mengalami kesurupan saat pementasan.

Sementara itu, Tari Mayang Rontek merupakan salah satu tarian tradisional asal Mojokerto. Tarian ini terinspirasi dari tradisi pengantin Mojoputri di Mojokerto, yakni prosesi adat pernikahan (manten) dalam masyarakat setempat, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/26/104000127/wisata-sawah-sumber-gempong-mojokerto-ada-mata-air-tak-pernah-kering-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke