Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Bali, 4 Kota di Dunia Ini Juga Akan Terapkan Pajak Turis

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali akan menerapkan pungutan pajak wisata sebesar 10 dolar AS, atau setara dengan Rp 150.000 bagi turis asing yang masuk ke Pulau Dewata. Rencananya, pungutan pajak turis yang datang ke Bali akan diterapkan pada Februari 2024.

  • Mulai 14 Februari 2024, Pungutan Rp 150.000 untuk Turis Asing di Bali Resmi Berlaku
  • Turis Asing ke Bali Bayar Rp 150.000, Dipastikan Tak Ada Penumpukan di Bandara

Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan, pajak turis tersebut hanya dibayarkan satu kali selama kunjungan wisata.

“Pembayaran hanya dilakukan satu kali, selama berwisata di Bali, sebelum yang bersangkutan meninggalkan wilayah negara Indonesia,” kata Koster, dikutip dari Kompas.com, Senin (4/9/2023).

Pembayaran pajak turis yang berkunjung ke Bali dilakukan secara non tunai melalui sistem Love Bali atau konter pembayaran di Bandara I Gusti Ngurah Rai dan pelabuhan.

Setoran pajak turis akan masuk ke kantong Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Bali, serta digunakan untuk pembangunan dan perlindungan adat istiadat, budaya, dan kearifan lokal Pulau Dewata. 

Selain Bali, ternyata sejumlah kota dan negara di dunia ini juga akan menerapkan pajak turis di 2024. Berikut daftarnya:

Kota Amsterdam di Belanda akan menaikkan pajak turis pada 2024 mendatang. Melansir dari Forbes, pajak turis yang bermalam di Amsterdam naik sebesar 12,5 persen, sehingga menjadikannya pajak turis tertinggi di Eropa.

Berdasarkan besaran tersebut, pajak turis akan meningkat dari 15,25 euro menjadi 21,80 euro per orang per malam (setara dengan Rp 355.978) pada 2024.

Selain itu, pungutan pajak penumpang kapal pesiar juga akan dinaikkan. Wisatawan yang tiba di Amsterdam menggunakan kapal pesiar, nantinya harus membayar 11 euro (sekitar Rp 179.621) pada 2024, dari sebelumnya 8 euro.

Venesia telah mengumumkan rencana pengenaan pajak turis sejak 2022 lalu. Rencananya, Venesia akan memungut pajak turis pada 2023, namun tertunda karena kunjungan wisatawan masih dalam pemulihan akibat pandemi Covid-19, berdasarkan informasi dari TimeOut.

Namun, Pemerintah Venesia telah mengumumkan bahwa pajak turis akan diluncurkan pada musim semi 2024, dengan masa percobaan selama 30 hari. Pajak turis akan diberlakukan bagi wisatawan yang berkunjung hanya satu hari ke kota tua di Italia tersebut.

Besar pajak turis yang berkunjung ke Venesia berada di kisaran 5 euro per orang, serta berlaku pada hari tertentu saat high season. Tujuan pemberlakuan pajak turis tersebut adalah menekan kunjungan wisatawan pada high season.

Kota di Spanyol ini akan memberlakukan pajak turis bagi wisatawan yang menginap di semua jenis akomodasi, termasuk hotel, hostel, apartemen, dan area camping.

Rencana, pajak turis yang berkunjung ke Valencia akan mulai berlaku pada akhir 2023 atau awal 2024, berdasarkan informasi dari Euro News.

Tarifnya, antara 50 sen sampai dengan 2 euro per malam, bergantung pada jenis akomodasi pilihan wisatawan. Pemerintah setempat menyatakan, pajak turis tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata di Valencia.

Selain itu, hasil pajak tersebut akan digunakan untuk menyediakan perumahan yang lebih terjangkau bagi penduduk setempat di pusat-pusat pariwisata.

Islandia akan menerapkan pajak turis dalam waktu dekat untuk mendukung target pencegahan perubahan iklim. Melansir dari Forbes, Islandia memiliki beberapa target pencegahan perubahan iklim yang paling ambisius di antara negara Eropa, salah satunya adalah mencapai emisi nol (net zero emission) pada 2040.

Sementara itu, Negara Nordik ini mengalami kenaikan jumlah turis yang cukup signifikan selama sepuluh tahun terakhir. Bahkan, kenaikannya mencapai lebih dari 400 persen untuk periode 2010 hingga 2018.

Oleh sebab itu, pemerintah setempat khawatir terhadap dampak peningkatan kunjungan turis terhadap lingkungan hidup di negara tersebut. Namun demikian, Pemerintah Islandia belum merinci besaran pajak turis tersebut dan waktu pemberlakuannya. 

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Bloomberg, Perdana Menteri Islandia Katrín Jakobsdottir mengatakan, pajak turis diharapkan dapat membantu memerangi dampak kunjungan turis pada lingkungan. Ia menegaskan besaran pajak turis tidak akan tinggi.

"Sebagian besar tamu yang datang ke Islandia mengunjungi alam yang masih alami dan tentu saja hal ini menimbulkan tekanan," ujar Jakobsdottir kepada Bloomberg.

https://travel.kompas.com/read/2023/10/03/114500327/selain-bali-4-kota-di-dunia-ini-juga-akan-terapkan-pajak-turis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke