Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Venue Piala Dunia U17 2023, Ini 8 Wisata Dekat Stadion Manahan Solo

KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (8/8/2023), ada empat stadion venue Piala Dunia U17 2023. Meliputi, Jakarta International Stadium (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

  • Solo Masuk Daftar Baru Kota Kreatif UNESCO 2023
  • Pasar Gede di Solo Dipersolek, Bakal Rampung November 2023

Penonton yang menyaksikan laga sepak bola tersebut, dapat mampir ke sejumlah tempat wisata dekat venue Piala Dunia U17 2023. Kompas.com merangkum wisata dekat Stadion Manahan Solo sebagai salah satu venue Piala Dunia U17 2023.

Jarak dari Stadion Manahan ke Taman Balekambang hanya sekitar 800 meter. Taman Balekambang adalah obyek wisata yang sudah berdiri sejak 1921, sehingga usianya mencapai 102 tahun.

Meskipun usianya sudah satu abad, namun Taman Balekambang tetap menjadi salah satu wisata populer di Solo. Wisatawan bisa menikmati suasana taman yang sejuk di tengah perkotaan.

Mengutip dari Kompas.com, Senin (28/3/2022), obyek wisata ini merupakan pemberian Raja Mangkunegara VII kepada dua anaknya, yaitu Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. 

Oleh sebab itu, saat berkunjung ke Taman Balekambang wisatawan akan melihat dua patung yang berada di tengah taman dan di tengah kolam. Kedua patung itu menggambarkan Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. 

Tempat wisata ini adalah wajah baru studio rekaman musik legendaris di Kota Solo, Lokananta. Alamatnya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 379 A, Kerten, Kecamatan Laweyan, sekitar 2 kilometer (km) dari Stadion Manahan.

Setelah renovasi sejak November 2022, Lokananta Bloc dibuka kembali pada 3 Juni 2023 lalu. Meskipun direnovasi, pengunjung masih bisa menjumpai beragam koleksi studio rekaman musik Lokananta dari waktu ke waktu, seperti piringan hitam, compact disk (CD), kaset, mesin rekaman, mesin pemotong pita, dan sebagainya.

Kini, Lokananta Bloc dilengkapi berbagai fasilitas seperti museum atau galeri studio rekaman, arena pertunjukan, area kuliner, dan galeri UMKM. Selain melihat koleksi studio rekaman Lokananta, pengunjung bisa menonton konser musik, atraksi seni budaya, mengunjungi pameran musik, dan belanja vinyl serta cinderamata musik.

Wisatawan juga bisa sekadar nongkrong di kafe atau bersantai menikmati sore di ampiteater Lokananta Bloc.

3. Taman Tirtonadi 

Taman Bendung Tirtonadi atau Taman Tirtonadi adalah salah satu taman anyar di Kota Solo yang diresmikan pada 2019 lalu. Sesuai namanya, lokasi taman  berada di depan Terminal Bus Tirtonadi, sekitar 2 km dari Stadion Manahan.

Mengutip Kompas.com (21/1/2019), Taman Bendung Tirtonadi berada di pinggir Sungai Pepe yang bermuara di Sungai Bengawan Solo. Pinggiran sungai tersebut, dilengkapi dengan pedestarian dan taman sehingga bisa menjadi tempat nongkrong warga.

Ikon taman ini adalah jembatan melintang di atas sungai. Uniknya, material jembatan tersebut sebagian besar menggunakan kaca, baik di lantai maupun pembatas kanan dan kiri.

Berkunjung ke Kota Solo tidak lengkap tanpa mengunjungi keraton. Perlu diketahui, Kota Solo memiliki dua istana yakni Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

Adapun yang terdekat dari Stadion Manahan adalah Pura Mangkunegaran yang berjarak sekitar 3,3 km. Wisatawan bisa berkunjung ke Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran yang merupakan pendopo keraton terbesar di Indonesia.

Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan latihan tari tradisional Jawa. Adapula koleksi gamelan, museum, dan perpustakaan yang bisa dikunjungi wisatawan.

Jika berkunjung ke Pura Mangkunegaran, wisatawan bisa mampir ke Taman Pracima atau Pracima Tuin. Taman yang baru diresmikan pada Sabtu (21/1/2023) lalu, berada di kompleks Pura Mangkunegaran.

Taman Pracima merupakan peninggalan dari Mangkoenagoro VII, yang kemudian dipercantik serta dibuka untuk umum.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (21/1/2023), Taman Pracima menjadi pusat dan wadah kebudayaan, sekaligus tempat mengenalkan Pura Mangkunegaran kepada masyarakat.

Salah satu daya tarik Taman Pracima Tuin adalah keberadaan restoran fine dining ala para bangsawan. Menunya adalah makanan khas Pura Mangkunegaran favorit para raja terdahulu, seperti dendeng age, brubus, dan garang asem.

Taman Sriwedari merupakan kawasan rekreasi yang sarat sejarah di pusat Kota Solo. Jaraknya sekitar 2,5 km dari Stadion Manahan.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (16/1/2022), pembangunan Taman Sriwedari dimulai pada 1899, sehingga usianya sekarang 124 tahun. Awalnya, Taman Sriwedari merupakan taman kota, kemudian menjadi kawasan rekreasi pada 1901.

Taman Sriwedari dibangun di atas lahan yang dibeli Pakubuwono IX dan diberikan kepada putra mahkotanya yaitu Pakubuwono X.

Terdapat sejumlah bangunan wisata di Taman Sriwedari, antara lain Museum Radya Pustaka, gedung wayang orang, kebun binatang mini, dan gedung pagelaran wayang kulit.

7. Koridor Gatsu-Ngarsopuro

Koridor Gatot Subroto (Gatsu) hingga Ngarsopuro, Solo telah ditata dan direvitalisasi. Kini, kawasan tersebut dihiasi gambar mural, serta menjadi destinasi wisata baru di Solo.

Selain sebagai area publik dan destinasi wisata, kini Koridor Gatsu-Ngarsopuro menjadi sebagai pusat seni budaya dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solo.

Setiap akhir pekan, Koridor Gatsu-Ngarsopuro selalu ramai pengunjung, seperti dikutip dari Tribun News. Terdapat berbagai daya tarik seperti pertunjukan musik, pasar seni, kuliner dan sebagainya.

Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan wisata religi baru Kota Solo yang diresmikan pada Senin (14/11/2022) lalu. Masjid ini merupakan replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Masjid megah tersebut merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed digadang menjadi masjid terluas di Solo.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mampu menampung hingga 10.000 jemaah. Lokasinya berada di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, atau sekitar 3 km dari Stadion Manahan. 

https://travel.kompas.com/read/2023/11/04/233920227/jadi-venue-piala-dunia-u17-2023-ini-8-wisata-dekat-stadion-manahan-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke