Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke Kemuning Sky Hills, Wisata Jembatan Kaca di Karanganyar

KOMPAS.com - Menikmati pemandangan alam dari ketinggian sepertinya bisa dijadikan sebagai opsi kegiatan seru untuk melepas penat. Seperti halnya berkunjung ke jembatan kaca yang ada di Kemuning Sky Hills.

Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills membentang sepanjang 125 meter di atas ketingian 10 sampai 38 meter, dan hadir dengan slogan "Jembatan kaca terpanjang se Jawa Tengah".

Guna memastikan keamanan, Jembatan kaca Kemuning Sky Hills juga menyediakan sampel kaca untuk diuji coba oleh pengunjung sebelum memasuki jembatan tersebut.

  • Kemuning Sky Hills, Wisata Jembatan Kaca di Atas Hamparan Kebun Teh 
  • Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills Sediakan Sampel Kaca, Pengunjung Bisa Coba Pecahkan

"Benar terdapat sampel kaca yang diletakkan di area sebelum memasuki jembatan kaca," kata Admin The Lawu Group, Zahra, kepada Kompas.com, Minggu (5/11/2023).

Panduan lengkap ke Kemuning Sky Hills

Bila tertarik mampir, simak panduan lengkap ke Kemuning Sky Hills yang Kompas.com rangkum berikut ini:

Lokasi dan rute ke Kemuning Sky Hills

Kemuning Sky Hills berada di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Mengutip Kompas.com (16/1/2023), jaraknya dari pusat Kota Karanganyar sekitar 25,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Dari pusat Kota Karanganyar, wisatawan bisa menyusuri jalan utama menuju Kemuning dengan mengikuti jalan utama menuju Tawangmangu via Karangpandan.

Nantinya, wisatawan akan bertemu dengan Terminal Karangpandan. Tidak jauh dari Terminal Karangpandan, wisatawan bisa belok kiri di pertigaan meninggalkan jalan utama menuju Tawangmangu. 

Jalan tersebut sekaligus menuju Desa Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso. Wisatawan tetap berada di jalan tersebut hingga menemukan pertigaan menuju wisata Bukit Teletubbies dan Kemuning Sky Hills. 

Saat bertemu dengan pertigaan itu, wisatawan bisa belok kiri serta langsung menemukan loket masuk kawasan Kemuning Sky Hills.

Harga tiket Kemuning Sky Hills

Zahra menuturkan, harga tiket masuk kawasan Kemuning Sky Hills adalah Rp 10.000 per orang, berlaku untuk weekday dan weekend. 

Dengan tarif tiket tersebut, wisatawan bisa menjelajahi Kebun Teh Kemuning dan Bukit Teletubbies secara gratis. 

“Setiap pembelian tiket masuk Kemuning Sky Hills, pengunjung akan mendapatkan diskon 10 persen untuk semua menu di Sate Lawu de Kemoening Resto,” terang Zahra. 

Namun, harga tiket itu tidak termasuk naik ke jembatan kaca. Jika wisatawan ingin merasakan sensasi berjalan di atas jembatan kaca, maka harus membayar Rp 30.000 per orang.

Jam buka Kemuning Sky Hills 

Kemuning Sky Hills buka setiap hari. Jam buka Kemuning Sky Hills mulai pukul 09.00 hingga 18.30 WIB. Jadwal serupa berlaku untuk jembatan kaca di Kemuning Sky Hills.


Aktivitas di Kemuning Sky Hills 

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Kemuning Sky Hills. Selain naik jembatan kaca, wisatawan bisa menjelajahi kebun teh, duduk santai di bukit, melihat sunset, jeep tour, atau nongkrong di kafe. 

1. Naik jembatan kaca 

Aktivitas utama yang wajib dilakukan ketika mampir ke Kemuning Sky Hills yaitu naik jembatan kaca.

Jembatan kaca ini membentang di hamparan kebun teh dan menyuguhkan panorama perbukitan serta hamparan pemandangan Gunung Lawu.

Tidak perlu khawatir, jembatan kaca ini dibuat menggunakan rangka baja, konstruksi kremona dan disangga menggunakan pilar beton dengan kedalaman fondasi hingga 12 meter.

Kaca di jembatan ini dapat menampung beban hingga 600 orang, tetapi pihak pengelola membatasi kapasitas maksimal 150 orang dalam satu waktu.

2. Jelajah kebun teh 

Kemuning Sky Hills berada di kawasan Kebun Teh Kemuning. Wisatawan yang sudah membeli tiket masuk seharga Rp 10.000 dapat berkeliling kebun teh secara gratis.

Kebun Teh Kemuning berada di ketinggian 800-1.540 mdpl, sehingga udaranya sejuk. Sepanjang mata memandang, wisatawan akan menjumpai hamparan pohon teh berwarna hijau yang menyegarkan mata.

3. Duduk santai di bukit  

Saat menjelajahi Kebun Teh Kemuning, pengunjung bisa mampir ke Bukit Teletubbies. Mengutip Kompas.com, (26/11/2023), Bukit Teletubbies merupakan puncak kawasan kebun teh yang berupa tanah lapang. 

Wisatawan bisa duduk santai sembari menyaksikan keindahan pemandangan kebun teh, Gunung Lawu, dan Kota Solo dari ketinggian. Adapula maskot Teletubbies yang bisa diajak berfoto dengan tarif seikhlasnya. 

4. Jeep tour  

Kemuning Sky Hills juga menyediakan paket jeep tour bagi pengunjung. Tarif paket jeep tour mulai dari Rp 145.000 hingga Rp 180.000 per orang, bergantung dari rutenya. 

Selama perjalanan, wisatawan akan diajak berkeliling ke Kemuning Sky Hills, kebun teh, dan wisata sekitar. 

5. Melihat sunset

Aktivitas di Kemuning Sky Hills yang tidak boleh dilewatkan adalah melihat panorama sunset, baik dari jembatan kaca maupun Bukit Teletubbies. 

Agar mendapatkan panorama sunset, maka wisatawan hendaknya datang sore hari menjelang senja. 

6. Nongkrong di kafe  

Aktivitas di Kemuning Sky Hills terakhir adalah nongkrong di kafe. Namun demikian, kafe tersebut masih dalam tahap pengembangan sehingga baru menyajikan aneka minuman. 

“Nantinya ada menu makanan juga,” ucap Zahra.

Aturan berkunjung ke Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills 

Meski konstruksinya kuat dan aman, wisatawan harus mematuhi beberapa aturan yang ditetapkan pengelola, demi keselamatan.

Berikut ini Kompas.com rangkum aturan yang wajib dipatuhi wisatawan di Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills:

Jika ingin berkunjung ke Kemuning Sky Hills, berikut Kompas.com bagikan tipsnya supaya liburanmu makin menyenangkan: 

1. Datang pagi 

Pagi hari sewaktu Kemuning Sky Hills baru buka merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung. Adapun saat ini Kemuning Sky Hills buka pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

Alasannya pertama adalah, pengunjung belum terlalu ramai saat baru buka. Biasanya makin siang, tampak antrean pengunjung yang hendak menjajal jembatan kaca.

Alasan kedua adalah, pada pagi hari kondisi belum terlalu panas. Meski di kawasan pegunungan, makin siang sengatan matahari akan terasa panas. 

2. Datang saat cuaca cerah 

Saat cuaca cerah, kawasan Kebun Teh Kemuning menawarkan keindahan panorama Gunung Lawu yang menjulang tinggi.

Panorama ke kawasan bawah, seperti Kota Solo di sisi barat dengan barisan gunung-gunung di cakrawala, seperti Merapi, Merbabu, dan Telomoyo, juga terlihat begitu menawan. 

Oleh karena itu saat cuaca cerah, kamu bisa langsung berangkat ke Kemuning Sky Hills agar bisa menyaksikan keindahan panorama dengan maksimal. 

3. Mampir ke Bukit Teletubbies 

Kemuning Sky Hills tidak sendirian. Masih ada tempat wisata lain di sekitarnya. Salah satu yang paling dekat adalah Bukit Teletubbies. 

Tempat wisata ini sudah lama ada sebelum adanya Kemuning Sky Hills dan jadi jujugan wisatawan di Kebun Teh Kemuning. 

Sembari menunggu antrean, kamu bisa mampir ke Bukit Teletubbies. Setelah dari jembatan kaca, sempatkan pula untuk mampir ke sana. 

https://travel.kompas.com/read/2023/11/05/203100827/panduan-lengkap-ke-kemuning-sky-hills-wisata-jembatan-kaca-di-karanganyar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke