Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Penginapan di Tawangmangu yang Instagramable, Ada View Gunung Lawu

Bagi wisatawan luar kota, ada sejumlah penginapan di Tawangmangu yang Instagramable. Selain menjadi lokasi bermalam, wisatawan bisa sekaligus berwisata di penginapan tersebut.

  • 7 Tempat Camping di Tawangmangu, Bisa Buat Perayaan Malam Tahun Baru
  • 6 Hotel Terdekat dari The Lawu Park Tawangmangu

Kompas.com merangkuam penginapan di Tawangmangu yang Instagramable sebagai berikut.

The Lawu Park merupakan obyek wisata yang menawarkan wahana dan penginapan dengan panorama indah di kaki Gunung Lawu, Jawa Tengah. Alamatnya berada di di Jalan Tawangmangu - Magetan Km 9, Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Tawangmangu. 

The Lawu Park memiliki beragam tipe penginapan, yang terbagi menjadi tipe glamping dan cottage. Bentuk penginapan di The Lawu Park sangat unik dan Instagramable.

Dengan latar belakang pemandangan bukit hijau, penginapan di The Lawu Park menjadi salah satu favorit wisatawan. Tarif menginap di The Lawu Park berada di kisaran Rp 350.000 hingga Rp 1,5 juta per malam.

Berjarak sekitar 1,9 kilometer (km) dari The Lawu Park, wisatawan bisa menjumpai Sakura Hills. Tepatnya di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu Nomor 16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (3/2/2022), Sakura Hills merupakan obyek wisata yang menawarkan wahana dan penginapan dengan nuansa tradisional Jepang. 

Sakura Hills juga menawarkan penginapan yang Instagramable mulai dari Rp 400.000 per malam. Sementara, harga tiket masuk Sakura Hills adalah Rp 20.000 per orang.

Ada pula beragam wahana menarik seperti Japanese Park, Water Onsen Park, Sakura Park, Supercamp, Forest Canopy Tour, dan sebagainya.

Jika kamu tengah mencari penginapan bertema Jawa, maka Jawa Dwipa Heritage Resort & Convention bisa menjadi alternatif. Lokasinya berada di Jalan Raya Solo - Tawangmangu Km 34, Popongan, Karangpandan, Tawangmangu.

Akomodasi bintang empat ini, mengusung tema Jawa klasik. Terdapat kolam renang outdoor yang dilengkapi dengan bangunan menyerupai candi terbuat dari batu bata merah.

Resort ini berada dekat dengan Candi Sukuh dan Candi Cetho. Tarif menginap di Jawa Dwipa Heritage Resort & Convention mulai dari Rp 351.000 per malam, lewat Agoda.

Rumah Atsiri merupakan wisata edukasi minyak atsiri. Lokasinya berada di Jalan Watusambang, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

Selain tanaman minyak atsiri, kawasan ini juga menawarkan fasilitas glamping dengan bentuk tenda yang unik serta panorama alam yang indah, atau Atsiri Glamping.

Rumah Atsiri juha terintegrasi dengan fasilitas laboratorium, rumah produksi, pusat pelatihan, museum, restoran, toko dan butik, serta ruang pertemuan.

Kurang lebih sebanyak 80 tanaman minyak atsiri Indonesia dan luar negeri terdapat di kawasan ini. Tarif menginap di Atsiri Glamping mulai dari Rp 1,44 juta per malam, lewat Traveloka.

  • Harga Tiket Masuk Terkini Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu
  • 6 Kafe Tawangmangu Dekat Wisata Bukit Sekipan

5.  Joglo Lawu

Pilihan penginapan bertema Jawa klasik lainnya adalah Joglo Lawu yang berada dalam satu kawasan dengan House of Lawu. Jika House of Lawu bertema modern, maka Joglo Lawu menawarkan penginapan bertema Jawa klasik dengan ciri khas bangunan joglo.

Bangunan di Joglo Lawu terbuat dari kayu sehingga menambah kesan adat Jawa yang kental. Tersedia kolam renang dengan latar belakang pegunungan yang membuat pengunjung semakin betah.

Jika ingin berkunjung ke Joglo Lawu lokasinya berada di Jalan Wijayakusuma, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu. Untuk informasi mengenai tarif menginap di Joglo Lawu dapat menghubungi langsung nomor yang tertera di akun Instagram, @houseoflawu_07.

Nava Hotel cocok bagi wisatawan yang memiliki bujet lebih untuk penginapan. Tarif menginap di akomodasi bintang tiga ini menawarkan tarif menginap mulai dari Rp 790.000 per malam, lewat Agoda.

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Nava Hotel memiliki restoran dan infinity pool yang sempuran untuk menikmati matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu.

Fasilitas lainnya meliputi, taman, playground, kafe, ballroom, ruangan pertemuan, gazebo, dan lainnya. Nava Hotel menawarkan sejumlah tipe kamar seperti Garden Room, Pool Side Room, Superior Room, Deluxe Room Balcony, dan Family Room.

Lokasinya di Jalan Grojogan Sewu Pintu II, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

7. Tawangmangu Wonder Park 

Tawangmangu Wonder Park merupakan obyek wisata yang berada di Jalan Ombang-ombang Nomor 32, Blumbang, Tawangmangu. Obyek wisata ini menawarkan wahana dan penginapan dengan latar belakang Gunung Lawu.

Sejumlah wahana yang berada di Tawangmangu Wonder Park antara lain flying fox, playground, wonder bridge, peternakan kelinci dan domba, taman labirin, dan sebagainya. Dari sini, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Lawu dan gemerlap Kota Solo saat malam hari.

Sementara, tipe penginapan ada camping, glamping, dan vila. Untuk camping ground, tarifnya Rp 10.000 per orang dan sewa tenda mulai dari Rp 50.000.

Sementara, tarif glamping yakni Rp 350.000, cottage Rp 450.000, vila tiga kamar Rp 2,5 juta, dan vila dua kamar Rp 1,25 juta.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/18/154908127/7-penginapan-di-tawangmangu-yang-instagramable-ada-view-gunung-lawu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke