Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Bawah Air Laut di Desa Wisata Mbuang-mbuang Sulawesi Tengah

KOMPAS.com - Desa Wisata Mbuang-mbuang berada di bagian selatan Pulau Banggai, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Desa Wisata Mbuang-mbuang merupakan pulau tersendiri di tengah lautan, dapat ditempuh menggunakan kapal reguler selama tujuh jam atau speed boat dua jam dari Kabupatan Banggai Laut.

Desa Wisata Mbuang-mbuang mempunyai keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, dengan pulau-pulau di bawahnya.

Simak daya tarik Desa Wisata Mbuang-mbuang yang menarik untuk dikunjungi, dikutip dari Jadesta Kemenparekraf.

Danau Ubur-ubur ini adalah daya tarik dari Desa Wisata Mbuang-mbuang yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara.

Desa Mbuang-mbuang memiliki potensi ekosistem perairan laut dan terumbu karang dengan tingkat keanekaragaman hayati tinggi sehingga berfungsi sebagai sumber daya ekologis dan ekonomis bagi masyarakat di dalamnya.

Potensi tersebut juga dimanfaatkan sebagai perlindungan dari spesies yang dilindungi seperti kima, spesies endemik Banggai Cardinal Fish serta aneka ragam terumbu karang di bawah laut Desa Mbuang-mbuang.

Wisata alam di Desa Mbuang-mbuang dapat dinikmati para wisatawan terutama para petualang alam.

Danau ubur-ubur

Danau ubur-ubur atau Danau Paisu Batongan adalah destinasi yang wajib untuk didatangi, memiliki pesona alami dan dijaga kebersihan serta kelestarian sekitar.

Danau ubur-ubur merupakan danau asin dengan habitat beragam, yaitu ubur-ubur tak bersengat (Cassiopeiaini) memiliki berbagai macam warna, mulai bening, kuning terang, hingga jingga.

Hewan jinak ini tampak terlihat dari permukaan danau yang jernih dan bening. Wisatawan bisa menikmati sensasi berenang bersama ubur-ubur.

Terdapat aturan yang harus dipatuhi wisatawan sebelum berenang, yaitu tidak boleh menggunakan tabir surya, tidak diperkenankan menggunakan alat bantu renang seperti kaki katak karena dikhawatirkan akan merusak ubur-ubur.

Tiket masuk wisata ke Danau Pasui Batongan cukup terjangkau, Rp 35.000 per orang. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Bukit Popisi bisa menjadi lokasi melihat panorama alam yang indah ini, wisatawan dapat trekking menuju puncaknya dan mengabadikan momen.

Taman Laut Kima

Selanjutnya wisatawan dapat mengunjungi Taman Laut Kima yang menjadi spot andalan Desa Mbuang-mbuang. 

Terdapat beberapa jenis kerang kima yang sudah langka di dunia dengan berbagai ukuran, mulai dari kima raksasa hingga kima pasir.

Taman Laut Kima tidak jauh dari bibir pantai, wisatawan dapat snorkeling atau naik perahu jika ingin spot terumbu karang.

Harga menuju wisata Taman Laut Kima mulai Rp 15.000. Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Wisata Pantai

Wisatawan juga dapat bersantai menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang yang berpasir putih halus membentang di sekitar Mbuang-mbuang.

Terdapat juga Pantai Kalambina dengan karang yang timbul ketika air laut surut. Seperti halnya Pantai Pingo juga terlihat gugusan karang tidak jauh dari bibir pantai.

Para wisatawan juga dapat mengunjungi Pulau Lampu melihat rumah khas para nelayan. Selain itu melihat keindahan bawah laut dengan hamparan terumbu karang serta melihat spesies endemik Banggai Cardinal Fish di Perairan Banggai.


https://travel.kompas.com/read/2024/03/14/190400727/wisata-bawah-air-laut-di-desa-wisata-mbuang-mbuang-sulawesi-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke