Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Lokasi Syuting Film Exhuma di Korea Selatan, Ada Hutan

KOMPAS.com - Exhuma menjadi film pertama di Korea Selatan dengan jumlah penonton melampaui 10 juta orang pada tahun 2024. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (24/3/2024), Exhuma menjadi film okultisme pertama yang mencapai kesuksesan di Negeri Ginseng. 

Ditayangkan pertama kali di Festival Film Internasional Berlin ke-74 pada Februari 2024, Exhuma mengisahkan dua dukun yakni Hwa Rim (Kim Go-eun) dan Bong Gil (Lee Do-hyun) dalam menjalankan sebuah tugas. 

Sementara itu, dilansir dari Korea JoongAng Daily, Senin (25/03/2024), film ini mengisahkan tentang sejarah Korea dan roh-roh ghaib yang melindungi Baekdu-Daegan, sebuah pegunungan yang menjadi simbol roh Korea.

Lokasi syuting Exhuma berada di beberapa tempat di Korea, termasuk di Seoul, Busan, Gyeongsang Selatan, dan Jeolla Selatan. Berikut adalah empat lokasi syuting Exhuma, dikutip dari Korea JoongAng Daily:

The Plaza Seoul, Autograph Collection di Distrik Jung, Seoul, jadi salah satu lokasi syuting Exhuma. 

Di film, ahli feng shui bernama Kim Sang-deok (diperankan oleh Choi Min-sik) berkomentar soal lokasi hotel ini. Hotel bintang lima ini juga digambarkan sebagai tempat yang gelap dalam film tersebut. 

Terlepas dari filmnya, The Plaza Seoul, Autograph Collection termasuk hotel mewah dengan empat tipe kamar yakni Deluxe Room, Premier Suite, Plaza Suite, dan Residential Suite. Biaya menginap di hotel ini Rp 4 jutaan per malamnya. 

Di Desa Gyeongsang di Provinsi Jeolla bagian selatan, terdapat pohon yang menjadi latar adegan kilas balik di Exhuma. Pohon tersebut bernama Dangsan. 

Pohon Dangsan tersebut berjenis zelkova yang sudah ada di Desa Gyeongsang selama lebih dari lima abad. Tingginya sekitar 35 meter, dengan lebar sekitar delapan meter.

Sebagai informasi, pohon Dangsan sesungguhnya merupakan sebutan umum untuk pohon tua yang dinilai memiliki kemampuan spiritual. Pohon Dangsan tak hanya bisa ditemukan di Desa Gyeongsang, tapi juga di kota-kota kecil lainnya di Negeri Ginseng. 

Di film Exhuma, Hutan Ahopsan di Gijang, Busan, terlihat ketika para kru menyusuri gunung menuju makam. 

Memiliki sejarah lebih dari empat abad, hutan ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2015. Pengunjung bisa menjelajahi gunung ini selama dua jam. Bisa bisa menemukan beragam jenis flora, antara lain pohon pinus, pohon cemara, pohon bambu, dan pohon ek.

Film Exhuma juga mengambil adegan hutan di sejumlah lokasi, salah satunya Daeunsan National Recreation Forest Camping atau Hutan Rekreasi Nasional Daeunsan. Lokasinya di Yangsan, di sisi selatan Kota Gyeongsang. 

Terletak di Gunung Daeun, hutan ini dilengkapi fasilitas akomodasi. Pengunjung juga bisa menjelajahi hutan sembari mendaki dan menikmati pemandangan air terjun.

https://travel.kompas.com/read/2024/03/26/071000927/4-lokasi-syuting-film-exhuma-di-korea-selatan-ada-hutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke