Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Keluarga di Semarang, Pas Dikunjungi Saat Libur Lebaran

KOMPAs.com - Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, Kota Semarang menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata keluarga yang menarik.

Salah satu keunggulan Kota Semarang adalah, banyak bangunan kuno peninggalan zaman kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini.

Bangunan-bangunan lawas itu banyak yang dibuka menjadi tempat wisata, sehingga pas untuk foto-foto sambil belajar sejarah.

Wisata keluarga di Semarang

Berikut merupakan daftar rekomendasi wisata bersama keluarga di Semarang bisa Anda kunjungi saat libur Lebaran:

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu, ikon wisata Kota Semarang, adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Atlas (julukan Kota Semarang).

Bangunan bergaya kolonial ini menjadi daya tarik utama di pusat Kota Semarang. Terletak di Jalan Pemuda, Lawang Sewu merupakan museum perkeretaapian yang dikelola oleh PT KAI (Persero). 

Bangunan utamanya telah berdiri sejak 27 Februari 1904 dan selesai dibangun pada Juli 1907 pada masa kolonial Belanda.

Lawang Sewu memiliki koleksi yang sangat berkaitan dengan sejarah bangunannya yang luas, yakni 18.232 meter persegi. 

Koleksi tersebut mencakup barang-barang yang terkait dengan perkembangan perkeretaapian di Indonesia. 

Spot-spot yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung antara lain 928 pintu, koleksi perkeretaapian, perpustakaan, dokumentasi foto dan video, dan taman.

Berkunjung ke Lawang Sewu, wisatawan akan bisa merasakan kecanggihan bangunan lawas yang membuatnya terasa sejuk di tengah panasnya Kota Semarang.


2. Kota Lama

Ketika berkunjung ke Kota Semarang, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kota Lama Semarang yang merupakan kawasan cagar budaya. 

Terdapat gedung-gedung tua bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun. Menurut informasi dari laman Visit Jawa Tengah, kawasan Kota Lama Semarang adalah pusat pemerintahan pada masa Hindia Belanda.

Wisatawan dapat menemukan gedung-gedung bergaya khas Eropa dengan ciri pintu utama dan jendela berukuran besar, elemen dekoratif, serta langit-langit tinggi.

Beberapa tempat menarik yang dapat dikunjungi di Kota Lama antara lain Gereja Blenduk yang menjadi ikon Kota Lama Semarang dengan atap berbentuk kubah setengah bola. 

Selain itu, terdapat Spiegel Bar and Bistro, sebuah bangunan kafe bergaya Eropa klasik yang telah direnovasi dan dijadikan kafe sejak tahun 2015. Juga terdapat Gedung Marba, bangunan tua ikonik dengan ciri khas berwarna merah yang menjadi objek wisata fotografi di Kota Lama Semarang.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Kota Semarang, tepatnya di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, merupakan wisata religi menarik yang wajib dikunjungi, terutama bagi umat Islam.

Dengan arsitektur khas perpaduan gaya Jawa dan Arab, serta interior yang dihiasi dengan ukiran dan kaligrafi rumit nan indah, masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia. 

Keunikan dari Masjid Agung Jawa Tengah adalah adanya enam payung hidrolik raksasa di teras masjid yang dapat membuka dan menutup, mirip di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Dengan tinggi masing-masing 20 meter dan bentangan hingga mencapai 14 meter, payung ini berfungsi sebagai atap bagi para jamaah ketika jumlahnya banyak di sekitar halaman masjid. 

Dengan lokasi yang strategis di pusat kota, masjid ini menawarkan pengalaman spiritual dan keindahan arsitektur yang memukau bagi pengunjung.


4. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong di Kota Semarang bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga menjadi destinasi wisata ikonik yang kaya akan sejarah.

Kelenteng ini mencerminkan perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa dalam perjalanannya. Dengan bangunan megah berwarna merah dan arsitektur khas Tionghoa, Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa bangunan dengan desain yang sama. 

Pengunjung dapat mengunjungi tempat ibadah Dewa Bumi dan Sam Poo Kong di dalam kompleks kelenteng ini. 

Lokasinya berada di Jalan Simongan Raya nomor 129, Semarang, dan buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 (hari biasa) dan pukul 08.00 (akhir pekan) hingga pukul 20.00 WIB.

5. Pantai Marina

Pantai Marina Semarang merupakan destinasi wisata yang terletak di ujung Kota Semarang, Jawa Tengah. Pantai ini terkenal dengan pemandangan yang menawan.

Wisatawan bisa datang pada sore hari saat tidak lagi panas dan duduk di pinggir pantai menikmati panorama bersama keluarga.

Untuk menikmati keindahan Pantai Marina, wisatawan perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 5.000 per orang. 

Selain itu, pengunjung juga perlu memperhatikan keamanan kendaraan mereka karena di kawasan ini tidak ada tarif parkir.

Pantai Marina Semarang buka mulai pukul 05.00 WIB hingga malam hari, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan pantai sepanjang hari. 

Dengan demikian, Pantai Marina menjadi pilihan yang ideal bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan yang menyenangkan di Kota Semarang.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/09/160400527/wisata-keluarga-di-semarang-pas-dikunjungi-saat-libur-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke