Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuta dan Legian Penuh, Wisatawan Disarankan Cari Lokasi Lain di Bali

Kompas.com - 22/12/2009, 11:16 WIB

LEGIAN, KOMPAS.com - Jelang Tahun Baru, sejumlah hotel dan penginapan di kawasan-kawasan wisata favorit di Bali seperti Kuta, Legian, Jimbaran, dan Nusa Dua dipastikan penuh. Dinas Pariwisata Provinsi Bali mengimbau kepada para wisatawan yang hendak liburan akhir tahun ke Bali agar tidak hanya bertujuan ke lokasi-lokasi tersebut.

"Sebaiknya jika ingin liburan ke Bali tidak hanya ke tempat yang itu-itu saja. Masih banyak lokasi lain yang tidak kalah bagus tapi masih sepi," kata Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ketut Naria, di Legian, Bali, Senin (21/12/2009).

Ia mengatakan, hotel dan penginapan di kawasan wisata seperti Lovina, Tanah Lot, Ubud, Candi Dase, dan Padang Bai, menjelang tahun baru ini baru terisi sekitar 20-30 persen. "Ini yang sering dilupakan wisatawan, kalau di Kuta sudah di bilang penuh, dikira semua tempat di Bali sudah penuh," ujarnya.

Ia juga menuturkan, selama ini memang sulit mengubah perilaku wisatawan agar mulai bergeser ke destinasi wisata lainnya di Bali. Menurutnya, seolah sudah terpatri di benak wisatawan kalau ke Bali mesti datang ke Kuta atau Legian. "Apalagi letaknya dekat Bandara, jadi kebanyakan arahnya (wisatawan) cuma ke sana," tambahnya.

Untuk itu, kata Ketut, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan promosi dan mengarahkan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, ke lokasi-lokasi wisata lainnya tersebut. Dinas Pariwisata Bali, sebutnya, gencar mengenalkan daerah wisata alternatif tersebut melalui media promosi dan agen perjalanan.

"Memang agak sulit mengubah keinginan orang. Tapi pelan-pelan mudah-mudahan bisa tercapai," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com