Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo Ragunan Jalan-jalan ke Hongaria

Kompas.com - 10/02/2010, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepasang komodo milik Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Rabu (10/2/2010), diberangkatkan ke Hongaria. Keberangkatan sepasang satwa berusia 11 tahun tersebut merupakan tindak lanjut program kerja sama tukar pinjam antara Pemerintah Republik Hongaria dan TMR.

"Komodo yang dikirim ke Hongaria akan dipinjamkan selama lima tahun, nanti apabila pemerintah Indonesia perlu lagi dapat kita tarik. Kalau pun nanti diperpanjang, akan ada perjanjian ulang," kata Humas TMR, Wahyudi Bambang yang ditemui ketika menyaksikan pelepasan sepasang komodo tersebut, di TMR, Jakarta.

Sebelum diberangkatkan, Bagol (komodo jantan) dan Indri (komodo betina) dikarantina terlebih dahulu selama tiga minggu. Menurut tim medis TMR, Bagol dan Indri dalam keadaan sehat saat diberangkatkan.

"Hongaria sendiri belum punya Komodo," kata Wahyudi.

Untuk meningkatkan keamanan selama perjalanan, microchip telah dipasang pada sepasang satwa tersebut. Bagol mempunyai berat 125 kg dengan panjang 3 meter, sementera Indri beratnya 80 kg dan panjang 245 cm.

Belasan satwa dari Hongaria juga akan datang ke TMR. Satwa-satwa tersebut, yaitu dua pasang marmoset (primata), dua pasang ring tail lemur (primata), dua pasang kapuchin (primata), satu pasang zebra, dan tiga ekor burung onta.

"Mereka (satwa dari Hongaria) akan datang dalam waktu dekat," kata Wahyudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com