Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iga Bakar Nona Manis Saus Istimewa

Kompas.com - 01/06/2010, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Rumah makan dengan menu iga makin banyak di Jakarta. Masing-masing menawarkan keistimewaan sendiri. Salah satunya adalah racikan saus yang khas. Seperti Kafe O'Boss Ribs & Coffee' yang punya banyak variasi saus.

"Konsep menu O'Boss lebih bermain di variasi saus yang diracik berbeda di setiap masakan," kata Nadia, Marketing O'Boss.

Untuk menarik minat pengunjung, beberapa menu makanan diberi nama yang langsung menunjukkan cita rasanya, misalnya ribs rawit, ribs nona manis, ribs kimono, chicken steak keju endang, combo grill nendang, tom yam gong, bihun wonton ciamik, mi goreng jauh dari Hongkong, nasi goreng buntut AD, dan sop buntut AD.

Penyuka saus barbeque bisa memilih ribs O'Boss yang merupakan menu andalan kafe ini. Ribs O'Boss adalah iga bakar dengan BBQ sauce yang disajikan dengan kentang dan sayuran, dalam kemasan hotplate. Menurut chef Edwin, saus barbeque yang kental dan rasanya spicy ini merupakan saus khas buatan O'Boss.

Sementara ribs nona manis, sesuai namanya, merupakan iga bakar yang rasanya manis karena dipanggang dengan olesan madu. Menurut Nadia, selain ribs O'Boss, ribs nona manis juga jadi pilihan favorit pengunjung.

Iga pedas

Bagi penyuka rasa pedas, ada dua tawaran, yakni ribs kimono dan ribs rawit. Ribs kimono memiliki rasa pedas ala masakan Jepang, yang diracik dengan lada hitam dan campuran sake, mirin (anggur Jepang), serta kecap Jepang, tapi tetap disajikan dengan kentang dan sayuran.

Jika memilih pedas ala masakan negeri sendiri, pengunjung bisa memilih ribs rawit yang disajikan dengan siraman potongan cabe rawit dan sambal kecap. Karena beradaptasi dengan menu lokal, ribs rawit tidak didampingi kentang, melainkan dimakan dengan nasi.

Demi mengutamakan rasa, O'Boss punya resep rahasia. "Daging iga kami rebus dulu pakai presto, setelah diungkep dengan bumbu rempah-rempah yang merupakan racikan rahasia O'Boss. Kami rebus selama satu jam sampai empuk, lalu diangkat. Iga baru dipanggang pas ada pesanan," ungkap chef Edwin.

Selama ini, O'Boss menerima pesanan rata-rata 2-3 kg iga/hari. Khusus menu ribs, O'Boss tetapkan harga Rp 40.000/porsi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com