Besok, Candi Borobudur Dibuka Terbatas

Kompas.com - 20/11/2010, 22:28 WIB
Editoryuli

MAGELANG, KOMPAS.com - Wisata bersejarah Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah akan kembali dibuka pada Minggu (21/11/2010) besok setelah ditutup berhari-hari karena diselimuti abu vulkanik erupsi Gunung Merapi.

Kepala Seksi Pelayanan Teknis Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Iskandar M Siregar mengatakan, besok Borobudur mulai dibuka namun ruang gerak pengunjung akan dibatasi.

Pengunjung, katanya, hanya diperbolehkan memasuki area pelataran candi dan tingkat bawah candi atau yang disebut Kamadatu.

"Karena yang di bagian atasnya belum layak dikunjungi karena masih tebal debunya," ujar Iskandar di kompleks wisata Candi Borobudur, Sabtu (20/11/2010).

Dikatakan Iskandar, abu vulkanik yang berhasil dibersihkan dari tubuh candi baru mencapai 7,5 persen atau sekitar 20 meter kubik debu. "Belum bersih sepenuhnya. Target kami 3-4 minggu akan bersih," tambah Iskandar.

Sekitar 60 personel petugas dari balai konservasi, lanjut Iskandar akan membersihkan abu vulkanik yang melekat. "Kami juga betuh pengawas arkeologi karena terkadang relawan yang ikut membersihkan tidak mengerti jadi merusak bangunan," ujarnya.

Sebanyak 2000-2500 pengunjung setiap harinya, mendatangi candi dengan 72 stupa yang pernah terdaftar dalam tujuh keajaiban dunia itu.

Bagi wisatawan dalam negeri yang ingin mengunjungi Candi Budha itu hanya perlu membayar tiket masuk Rp 20.000, sedangkan wisawatawan mancanegara dikenai tarif masuk 15 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.