Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Karimunjawa Mulai Belanja

Kompas.com - 24/08/2011, 09:22 WIB

JEPARA, KOMPAS.com- Angkutan barang Kapal Motor Perintis atau KMP Muria Jepara-Karimunjawa, Jawa Tengah, mulai meningkat. Hal itu terjadi karena warga Kepulauan Karimunjawa berbelanja kebutuhan untuk Lebaran.

Manajer Operasi dan Pemeliharaan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Jepara, Leo Yuliansyah, Rabu (24/8/2011), mengatakan, angkutan barang pada hari-hari biasa rata-rata lima ton. Akhir-akhir ini bisa mencapai 10-15 ton.

"Kami memperkirakan peningkatan angkutan barang memuncak pada Sabtu dan Minggu pekan ini, 28-29 Agustus," kata Leo.

Terkait kenaikan penumpang, Leo menambahkan, tidak akan terjadi lonjakan seperti pada musim-musim liburan, Juni-Juli. Paling-paling setelah Lebaran, penumpang naik 10 persen dari jumlah penumpang harian, 124 penumpang.

Kenaikan penumpang itu disebabkan warga Kepulauan Karimunjawa bersilaturahim ke sanak saudara, baik di Jepara maupun luar kota Jepara. Setelah syawalan nanti, arus penumpang dan angkutan barang kembali seperti biasa.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jawa Tengah, cuaca di perairan Jepara dan Karimunjawa bersahabat. Kecepatan angin 0-6 knot, sedangkan tinggi gelombang tertinggi satu meter," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com