Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Oktober, Jangan Lupa Vaksin Polio dan Campak!

Kompas.com - 12/10/2011, 20:29 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 18 Oktober mendatang, sebanyak 529.265 vaksin polio dan 461.488 vaksin campak akan diberikan kepada warga Jakarta. Pembagian vaksin awal ini akan dilakukan di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, dan berlangsung selama satu bulan hingga 18 November 2011.

"Ini program nasional untuk pencegahan terjadinya penyakit polio dan campak. Lebih baik mencegah daripada mengobati yang biayanya jauh lebih mahal," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emawati, di Balai Kota, Jakarta, Rabu, (12/10/2011).

Selanjutnya, pembagian vaksin ini akan diteruskan melalui Pos PIN (Pekan Imunisasi Nasional) yang tersebar di berbagai Rukun Warga, terminal, stasiun, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), praktek dokter dan Rumah Sakit.

"Pembagian vaksinnya sebenarnya gratis, tetapi kalau di Rumah Sakit atau praktek dokter biasanya ada penarikan biaya untuk jasa dokternya," jelas Dien.

Sasaran pelayanan vaksinasi ini untuk anak berusia 0 hingga 49 bulan untuk polio dan untuk campak berkisar dari usia 9 bulan hingga lima tahun. Ia pun menjelaskan bahwa untuk anak yang demam setelah diimunisasi, akan diberikan gratis untuk tempat umum seperti RW, terminal dan stasiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com