Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Pariwisata, Myanmar Jemput Bola

Kompas.com - 01/02/2012, 17:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pilihan membuka diri lebih luas kepada kawasan internasional membuat Myanmar menjemput bola untuk kemajuan pariwisata. Bulan ini, misalnya, Kementerian Hotel dan Pariwisata Myanmar memperkenalkan sistem visa online. Menurut warta Xinhua dan Yangon Times, kemarin, program ini adalah salah proyek unggulan.

Pembenahan infrastruktur terkait program ini adalah dengan pembaruan piranti lunak terkoneksi antara kementerian terkait seperti informasi dan dalam negeri. Myanmar juga makin mengembangkan kemudahan untuk pembayaran visa kedatangan (VoA) seperti lazimnya telah terwujud di negara tetangga Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Bandara

Menurut rencana, Myanmar juga akan meningkatkan jumlah pengunjung yang tiba di Bandara Internasional Yangon. Tahun lalu, tercatat ada 359.359 pengunjung.

Tak cuma itu, bandara tersebut akan makin luas dengan penambahan kapasitas hingga 3,8 juta penumpang per tahun. "Pelayanan pun akan mengalami peningkatan," kata suara Kementerian Hotel dan Pariwisata.

Sampai sekarang ada enam maskapai yang beraktivitas di bandara tersebut termasuk Myanmar Arways, milik pemerintah. Lima yang lain adalah maskapai penerbangan lain adalah milik swasta yaitu Air Mandalay, Yangon Airways, Air Bagan, Asian Wings, dan Kanbawza.

Sementara, maskapai penerbangan asing yang memanfaatkan bandara tersebut adalah Air China, China Southern Airlines, China Eastern Airlines, Thai Airways International, Indian Airlines, Air Asia, Taiwan region's China airlines, Silk Air, Malaysian Airlines, Bangkok Airways, Jetstar Asia, Thai Air Asia, and Vietnam Airlines. 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com