Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, 'Busway' Bali Koridor dalam Kota Sepi

Kompas.com - 10/08/2012, 21:49 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com - Bus Trans Sarbagita Koridor I dengan jalur dalam Kota Denpasar akhirnya mulai beroperasi, Jumat (10/08/2012). Sebagai perkenalan dengan warga, pada hari pertama ini layanan Bus Sarbagita gratis untuk masyarakat umum.

Meski gratis, belum banyak warga yang memanfaatkan moda transportasi mirip busway di Jakarta ini. Bahkan Bus harus menunggu cukup lama di halte depan SMA Negeri 7 Denpasar karena sepi penumpang.

Salah seorang awak Bus pun sempat berteriak kepada warga memberi tahu layanan Bus hari ini gratis." Ayo masuk saja, gratis kok," teriak awak bus berupaya menggaet penumpang.

Sayangnya, upaya ini tetap tak membuahkan hasil karena warga lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi ini dimaklumi oleh Kepala Pengelola Trans Sarbagita Bali IB Parsha, mengingat masih banyak warga yang belum tahu koridor I telah beroperasi.

"Ya, hanya ada satu, dua penumpang, maklum saja pada hari pertama. Jadi masyarakat masih bertanya-tanya, bener nggak ini Bus Sarbagita sudah operasi. Buktinya tadi sudah banyak yang telepon menanyakan bus ini," jelas Parsha.

Layanan gratis Bus Sarbagita ini hanya berlangsung sampai akhir Agustus. Pada awal September, penumpang umum akan dikenakan tarif Rp 3.500 dan pelajar Rp 2.500 untuk semua rute kawasan dalam Kota Denpasar hingga kampus Jimbaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com