Kompas.com - 20/07/2013, 09:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com — Merauke, Papua, memiliki sejumlah tempat yang bisa menjadi tujuan para wisatawan. Salah satu buktinya, hanya "selangkah" dari jantung kota terbesar di ujung timur Nusantara ini terdapat sebuah pantai yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati pesona senja di kota ini.

Pantai Lampu Satu adalah nama pantai tersebut, terletak di kawasan Kampung Buti. Nama yang unik ini terinspirasi dari adanya sebuah mercusuar di sisi pantai ini yang memiliki sebuah lampu sebagai alat penerangnya.

Pantai Lampu Satu memiliki bentangan pantainya yang landai dengan garis pantainya yang relatif panjang dan dipagari pepohonan kelapa. Pasir di Pantai Lampu Satu boleh jadi tak seputih mutiara dan fasilitas bagi wisatawan masih tergolong minim. Namun demikian, hal itu tak lantas mengurangi daya tarik pantai ini.

BARRY KUSUMA Pantai Lampu Satu di Merauke, Papua.
Sore hari merupakan waktu yang banyak dipilih warga dan kaum muda di Merauke dalam berkunjung dan menikmati suasana ke Pantai Lampu Satu. Perahu-perahu nelayan yang berjajar di tepi pantai, aktivitas para nelayan sebelum melaut, menjadi pemandangan lain yang bisa disaksikan di pantai yang masih alami ini.

Matahari terbenam (sunset) di Pantai Lampu Satu juga sebuah momen yang layak dinanti. Proses terbenamnya matahari hingga menghilang di balik cakrawala dapat diikuti dengan jelas oleh bola mata ini dari tepi pantainya.

Menuju Pantai Lampu Satu dari Kota Merauke sendiri semudah membalikkan telapak tangan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi (angkot) dengan membayar tarif Rp 4.000 dengan waktu tempuh yang sangat singkat, yakni hanya sekitar 5 menit.

BARRY KUSUMA Pesawat Merpati Nusantara di Merauke, Papua.
Demikian juga halnya dalam menuju Merauke. Pasalnya, kota ini telah dijangkau oleh sejumah maskapai penerbangan nasional, yang salah satunya adalah Merpati Nusantara Airlines. Maskapai penerbangan ini melayani penerbangan ke Merauke, dari Jakarta, Makassar, serta kota lainnya.

Jadi, bila Anda ingin mengunjungi Merauke, pastikan untuk menikmati indahnya senja di Pantai Lampu Satu dan bersiaplah untuk dibuat termangu. (ADI SUPRIYATNA)

BARRY KUSUMA Pantai Lampu Satu di Merauke, Papua.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.