Kompas.com - 09/01/2014, 12:33 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Memfasilitasi minat wisatawan yang setiap liburan tiba selalu mengunjungi Pasar Godean untuk membeli peyek belut dan untuk meningkatkan perekonomian warga, Pemerintah Kabupaten Sleman memproyeksikan Kecamatan Godean sebagai sentra kuliner masakan belut.

Demi merealisasikan rencana itu, Pemkab Sleman membangun pasar khusus kuliner belut di atas tanah seluas kurang lebih 1.000 meter persegi. "Proyek pembangunan pasar di lokasi bekas kantor Kecamatan Godean sudah memasuki tahap finishing, tinggal melengkapi beberapa sarana yang kurang," kata Kepala Dinas Pasar Sleman Tri Endah Yitnani, Senin (6/1/2014).

Endah mengungkapkan, dalam waktu dekat, pedagang belut goreng yang masih berjualan di depan Pasar Godean akan ditempatkan di lokasi baru tersebut. Rencananya, Januari ini akan ada sosalisasi kepada para pedagang dan pengundian kios.

Keberadaan pasar khusus kuliner berbahan belut ini di samping untuk mendongkrak perekonomian warga juga sebagai upaya tata kota. Sebab, banyaknya pedagang di luar Pasar Godean sering menimbulkan kesemrawutan lalu lintas.

"Selain makanan khas keripik, pengunjung juga bisa menikmati berbagai menu kuliner bahan belut. Disiapkan pula sarana pendukung seperti mushala, kamar mandi, dan tempat parkir yang memadai," ucapnya.

Pusat kuliner dan jajan belut ini terdiri atas 52 kios. Daftar tunggu diprioritaskan bagi 44 pedagang yang berjualan di area Pasar Godean dan tergabung dalam paguyuban. (K75-12)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.