Kompas.com - 19/04/2014, 07:21 WIB
EditorI Made Asdhiana
GEMERETAK lontaran selongsong dari bambu berpeluru benang memecah keriuhan ombak pesisir pantai barat Sulawesi. Hilir mudik ke kanan-kiri selongsong itulah mengantarkan jalinan benang yang terikat menjadi sebuah kain tenun khas Mandar.

Para perempuan Kampung Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, secara turun-temurun melestarikan budaya warisan nenek moyangnya ini.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Balok Penahan Tubuh
Di saat para lelaki melaut mengais rezeki dengan mencari ikan sebagai nelayan, perempuan-perempuan pun tak tinggal diam. Di bawah kolong rumah panggung, mereka asyik menenun kain. Dengan alat tradisional dari kayu yang bertopang pada tubuh inilah, mereka berkarya. Kain tenun itu kemudian dijual keliling oleh anak-anak perempuan mereka hingga ke pasar.

Motif kotak-kotak dan corak tumpal khas yang dahulu kala hanya dalam warna tertentu, seperti merah, hitam, biru, dan hijau, kini sudah berkembang menjadi warna-warni, seiring permintaan pasar. Gempuran benang sintetis impor yang menguasai pasar kini berpengaruh pada penggunaan bahan baku. Sutra alam yang merupakan kekayaan negeri yang dahulu kala mereka gunakan tak mampu lagi terbeli. (Rony Ariyanto Nugroho)

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Kain Tenun Mandar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.