Kompas.com - 17/06/2014, 17:16 WIB
EditorI Made Asdhiana
BOGOR tidak hanya kaya akan wisata alam untuk arung jeram. Di sini juga banyak tempat makan bernuansa alam.

Kampoeng Wisata Rumah Joglo di tengah kawasan perkampungan Tegal Waru, Ciampea, adalah salah satunya. Ini adalah kompleks wisata sekaligus restoran nuansa alam dengan sejumlah bale bengong dari kayu berukir khas Jawa tersebar di beberapa tempat.

Rumah Joglo bukan sekadar restoran. Tempat ini merupakan kampung wisata alam yang cocok bagi keluarga dan anak-anak. Di sini disediakan pula area berkemah, outbound, kegiatan membatik, mengukir, dan kesenian tradisional bagi anak.

Tempat ini bisa dijangkau melalui jalan perkampungan yang hanya dapat dilalui satu mobil dari Jalan Tegalwaru. Di mulut jalan sepanjang 50 meter, di kanan dan kiri jalan, dipadati rumah penduduk yang mepet dengan badan jalan. Berkendaralah dengan ekstra hati-hati.

Namun, jangan gentar melihat jalan yang sempit ini. Rumah Joglo akan menyambut dengan penataan kompleks yang asri, alami, dan khas.

Tidak ada meja untuk menghidangkan makanan dan minuman ala restoran ini. Bersantap siang di saung atau balai. Karena itu, hubungi pelayan terlebih dahulu untuk memesan makanan.

Cobalah masakan khas antara lain gurami sambal dabu-dabu, tumis taoge, karedok, nasi timbel, sambal dadak, sambal ulek, dan lalapan. Gurami sambal dabu-dabu adalah ikan yang digoreng dan disiram sambal yang kaya bawang putih goreng kering. Seperti halnya dabu-dabu yang pedas, gurih, dan asam segar, demikian pula rasa masakan ini. Taburan bawang putih goreng kering jelas memberikan cita rasa gurih dan lezat yang lebih tegas dan kaya.

Gurami sambal dabu-dabu amat cocok dinikmati dengan taoge tumis atau karedok. Mungkin, perpaduan beberapa masakan itu menghasilkan seni santap yang segar, lezat, dan sehat.

Jangan lupa mencocol sambal dadak beserta lalapan sayur mentah. Sambal dadak tak lain adalah sambal yang baru diulek atau dadakan dibuat saat dipesan. Santapan pun menjadi tambah meriah.

Nasi timbel dibungkus daun pisang. Daun pisang ini menjaga aroma sumber karbohidrat yang pulen tetap terjaga. Nikmati dengan lauk gurami, sayur, sambal, dan lalapan demi kesempurnaan bersantap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.