Kompas.com - 15/07/2014, 17:15 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mampu mengurangi beban operasional yang membengkak berkat pendapatan dari rute internasional, Sriwijaya Air langsung berani ekspansi usaha bagi anak usaha, Nam Air. Maskapai ini tengah mempersiapkan diri merambah negara tetangga Timor Leste.

Maskapai yang baru beroperasi tahun lalu ini mencoba menyambungkan Kupang dengan Kota Dili, Timor Leste. "Kalau secara bilateral sudah disepakati tapi belum kami tanda tangani," kata Hasudungan Pandiangan, Direktur Operasional Nam Air kepada KONTAN pekan lalu.

Pasalnya, proses penekenan kerja sama ini harus dilakukan pejabat setingkat menteri karena melewati lintas negara. Ia berharap setelah pemilu ini, menteri perhubungan dari pemerintah baru dan pemerintah Timor Leste bisa meresmikan kesepakatan tersebut.

Sriwijaya sengaja membuka rute tersebut setelah melihat arus pergerakan penumpang dan barang antara Dili dan Kupang cukup tinggi. Sejauh ini, untuk menuju ke Dili, masyarakat harus melalui Atambua terlebih dahulu dan bisa memakan waktu berjam-jam dengan jalur darat. Nantinya, jarak tempuh dari Kupang ke Timor Leste bisa dipangkas menjadi sekitar satu jam saja.

Selain itu, maskapai ini juga berencana menambah rute domestik menjadi dua kali lipat dari tujuh rute yang dimiliki Nam Air saat ini. Agustus nanti, Nam Air akan membuka rute Kupang–Ende dan Denpasar–Labuan Bajo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.