Kompas.com - 04/09/2014, 11:05 WIB
Pengunjung tengah bersantai di tepi Danau Linow, Sulawesi Utara. KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Pengunjung tengah bersantai di tepi Danau Linow, Sulawesi Utara.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
MANADO, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Faizal Anwar mengatakan wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura mendominasi kunjangan turis ke Sulut pada bulan Juli 2014.

"Ada sebanyak 148 wisman Singapura melancong ke sulut pada Juli 2014, atau sekitar 8,96 persen dari keseluruhan turis yang datang ke daerah ini," kata Faizal, di Manado, Selasa (2/9/2014).

Kemudian, katanya, disusul negara Jerman berjumlah 135 orang atau 8,17 persen dan dari belanda 130 orang atau 7,87 persen. Wisman yang melancong ke Sulut pada bulan Juli 2014 melalui pintu masuk (point of entry) Bandara Sam Ratulangi pada bulan Juli 2014 sebanyak 1.652 orang.

Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 8,17 persen jika dibandingkan dengan posisi sama tahun sebelumnya sebanyak 1.803 orang. Namun, kata Faizal, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya mengalami kenaikan sebesar 11,10 persen dari 1.487 wisman pada Juni 2014 menjadi 1.652 orang pada Juli 2014.

Dari data yang dikeluarka BPS, katanya, wisman datang ke Sulut selain negara-negara di Asia juga dari Uni Eropa, Amerika serta Afrika. Diharapkan pemerintah di Sulut, mampu mengembangkan pusat-pusat wisata yang lebih banyak lagi, sehingga wisman akan lebih tertarik menuju Manado ketimbang ke kota lain di Indonesia.

Ada begitu banyak, katanya, kekayaan alam dan lokasi wisata yang belum tergarap dengan baik, sehingga perlu ada sentuhan baik pemerintah maupun swasta. Karena hal tersebut mampu mendatangkan devisa bagi daerah. (Jootje Kumajas)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.